Terbangkan Balon ke Udara, Bupati Pulpis dan Dinkes Launching Kampung Kasagi

oleh

PULANG PISAU, BORNEO24 – Penerbangan balon ke udara sebagai tanda diluncurkannya Program Pengembangan Kampung Sadar Gizi (Kampung Kasagi) secara resmi dilepas oleh Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo. Sereonial tersebut dilaksanakan disela Jalan Sehat Hari Jadi ke-17 Kabupaten Pulang Pisau dan HUT ke-74 Republik Indonesia di Taman Sumbu Kurung, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (9/8/2019).

Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo memberikan dukungannya dan mengapresiasi langkah dari Dinas Kesehatan, dimana tujuan Kembang Kasagi ini untuk memberikan edukasi kepada keluarga, dimana suatu gerakan dari keluarga-keluarga untuk sadar atas gizi dalam upaya penanggulangan perbaikan gizi, dengan tujuan atau sasaran adalah posyandu-posyandu yang stratanya masih pratama, dan madya sehingga menjadi posyandu yang aktif.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, pada Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Ma’ruf Kurkhi menambahkan, pihaknya saat ini terus melaksanakan sosialisasi dan juga mempromosikan upaya perbaikan gizi melalui posyandu sehingga posyandu juga menjadi aktif, dan juga dapat mencegah angka stanting.

Lanjut Maruf, dalam pelaksanaannya, juga akan ditentukan wilayah dalam jangka pendek dan jangka menengah, dimana nantinya akan dibentuk empat Kampung Sadar Gizi (Kasagi) yakni Desa Mantaren 1, Desa Gohong, Desa Anjir Pulang Pisau dan Desa Buntoi yang akan dikerjakan di tahun 2019.

Sementara untuk jangka panjang, kata Maruf, kedepannya akan terbentuk sebanyak 50 Kampung Kasagi dimana nantinya akan dimusyawarahkan di Dinas Kabupaten, dengan mengundang dari seluruh Puskesmas pada tanggal 22 Agustus 2019 mendatang.

Dengan diadakannya Kampung Kasagi ini, lanjut Maruf, dapat membantu Pemerintah Daerah khususnya untuk mencapai salah satu indikator standar pelayanan minimal yakni untuk pelayanan kesehatan ibu hamil, meningkatkan pelayanan ibu melahirkan, pelayanan kesehatan pada anak baru lahir, pelayanan kesehatan pada anak balita, baduta, remaja sampai dengan calon pengantin.