3 Bulan Oplos Beras, Polres Kotawaringin Timur Tangkap 1 Pelaku

oleh

KOTAWARINGIN TIMUR – Polres Kabupaten Kotawaringin Timur memasang Police Line dan meringkus satu orang pengelola gudang beras yang berada di Jalan Manggis 2, Kecamatan MB Ketapang. Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Muhammad Rommel, terjun langsung ke dalam gudang beras yang memproduksi beras oplosan tersebut, Senin (01/04/2019).

Diketahui salah satu pengelola gudang beras oplosan itu berinisial RD yang kini sudah ditahan oleh anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kotawaringin Timur. AKBP Muhammad Rommel mengatakan, terungkapnya kasus beras oplosan ini tidak lepas dari laporan masyarakat, kemudian di tindak lanjuti oleh anggota Satreskrim Polres Kotawaringin Timur.

“Modus tersangka terbilang licik karena mencampurkan beras yang kualitasnya paling rendah kedalam karung beras yang berkualitas baik sebelum akhirnya di kemas dan di jual dan di pasarkan, dan sudah 3 bulan tersangka melakukan pengoplosan” ucap Rommel.

Ia juga melanjutkan, bahwa pelaku juga memperbaiki beras-beras yang sudah rusak dengan menggunakan bahan kimia insektisida (pembunuh serangga) untuk menghilangkan kutu-kutu yang ada pada beras lalu di oplos dan di jual kembali.

Bisnis curang tersebut diakui tersangka sudah berlangsung sejak bulan Januari 2019 dan dipasarkan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur. Akibat perbuatanya tersangka melanggar pasal 62 junto pasal 8 ayat (1) Huruf F UU RI nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen dan pasal 139 junto pasal 84 ayat 1 UU No 18 tahun 2012 tentang pangan. Dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (RP/02)