Polres Gunung Mas Musnahkan Barang Haram Jenis Sabu 116,58 Gram

oleh
Polres Gumas Lakukan Pemusnahan Sabu Senilai Ratusan Juta

Kuala Kurun, Borneo24.com – Kepolisian Resor Gunung Mas, Kalimantan Tengah memusnahkan barang bukti Narkoba Jenis sabu seberat 116,58 gram atau senilai sekitar Rp319 juta dari tiga orang tersangka, di Kuala Kurun, Kamis. “Jumlah barang bukti yang disita dari tiga tersangka ini sebanyak 42 paket sabu dengan berat kotor 127,69 gram atau berat bersih 119,04 gram,” ucap Kapolres Gumas AKBP Irwansah.

Dia menyebut bahwa tiga tersangka tersebut yakni RN, ZN, dan AR. Mereka diamankan di tiga kecamatan yakni Manuhing, Kurun, dan Sepang, sepanjang Januari 2022 ini. Dari barang bukti tadi, tutur dia, sebanyak 116,58 gram dimusnahkan dengan cara dilarutkan ke dalam air yang dicampur dengan detergen dan kemudian dilarutkan ke tangki septik atau septic tank.

Modus operasi yang dilakukan oleh para tersangka yakni sabu tersebut dibawa dari Banjarmasin Kalimantan Selatan, menuju Palangka Raya, lanjut ke Kabupaten Pulang Pisau hingga ke Gumas Kalteng.  Di Gumas, sabu tersebut rencananya akan diedarkan kepada para pekerja bidang pertambangan dan perkebunan. Namun hal itu bisa digagalkan oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Gumas.

“Para tersangka tadi akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) junto Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” papar Irwansah. Lebih lanjut, dia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah membantu kepolisian dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Gumas.

Dia mengakui, dalam penanganan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba diperlukan dukungan dari kejaksaan, pengadilan, pemerintah daerah, dan juga masyarakat. Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak dia yakin narkoba dapat diberantas. “Saya juga mengimbau masyarakat agar ikut mengawasi anak-anak, keluarga dan kerabat agar tidak terlibat dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” demikian Irwansah. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.