Tiga Maling Sikat Sarang Walet, Satu Ditangkap Dua Berhasil Kabur

oleh

KAPUAS – Nasib sial, belum sempat menikmati hasil curian, Hamlan (27), warga Pampulu 1 RT.13 Desa Palingkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, diamankan pihak Kepolisian saat melakukan patroli pada pukul 04.00 WIB dini hari, Jumat(15/3/2019).

Kapolres Kapuas AKBP Tejo Yuantoro melalui kasat Reskrim AKP Budi Martono mengatakan, telah terjadi dugaan peristiwa tindak pidana pencurian sarang walet di Handel Tabalien RT.005 Desa Teluk Palinget, Kecamatan Pulau Petak, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat(15/3/2019).

Dari keterangan AKP Budi Martono, anggota Polsek Kapuas Murung bersama Kapolsek Kapuas murung melaksanakan patroli di sekitar Jalan Pemuda, pada hari Jumat sekitar pukul 03.12 WIB dini hari. Dari patroli tersebut petugas mengamankan tiga orang yang mengendarai motor Suzuki Shogun SP warna biru dan kuning emas dengan tanpa plat dan berboncengan tiga setelah diberhentikan, tepatnya di Jalan Sei Papuyuh.

“melihat ada kejanggalan maka anggota kami memberhentikan mereka, dua temannya berhasil  melarikan diri dan satu orang berhasil diamankan” katanya.

lanjut AKP Budi Martono , setelah dilakukan interogasi dengan jawaban yang berbelit-belit, akhirnya satu pelaku tadi mengaku, telah melakukan pencurian sarang walet di Jalan Pemuda kilometer 7 dengan barang bukti yang dibawa berupa sarang walet hasil curian.

Para pelaku menggunakan sarana motor dan peralatan untuk menjebol bangunan walet dan peralatan untuk memanen sarang walet. Sarang walet yang dicuri merupakan milik Masiah (41), warga Handel Tabalien RT.005 Desa Teluk Palinget Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas Propinsi Kalimantan Tengah.

“saat korban ke belakang rumah hendak melaksanakan sholat subuh melihat pintu bangunan sarang burung walet sudah dalam keadaan terbuka dan kunci gembok sebanyak 2 buah sudah dalam keadaan rusak” terang AKP Budi Martono.

AKP Budi Martono menambahkan kerugian materil yang menimpa Masiah sekitar Rp.6.000.000, dan sarang walet sekitar 0,5 kilogram. “Pelaku terancam pasal 363 KUHP tentang Pencurian Dengan Pemberatan” tuturnya. (RP/02)

No More Posts Available.

No more pages to load.