Indonesia Merencanakan Tingkatkan Pelatihan Kerja Sama Dengan Negara Asing

oleh
Gambar Ilustrasi

Jakarta, Borneo24.com – Direktur Kerjasama Internasional Pertahanan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kemenhan  Brigjen Binsar Parluhutan Sianipar memimpin pertemuan secara virtual ASEAN-Russia Naval Exercise Initial Planning Conference (ARNEX IPC), Rabu (13/10/2021) secara virtual. Sianipar didapuk sebagai Ketua Delegasi Indonesia.

Pertemuan ARNEX IPC ini diselenggarakan Indonesia bersama Rusia selaku ketua bersama, dan diikuti perwakilan delegasi dari negara-negara ASEAN dan perwakilan dari Sekretariat ASEAN. Tujuan pertemuan dalM rangka membahas rencana pelaksanaan Latihan Angkatan Laut ASEAN-Rusia.

Sianipar dalam sambutannya menuturkan, ARNEX IPC merupakan pertemuan awal beberapa hal terkait latihan. Mulai dari membahas skenario latihan, komitmen personel hingga aset dari negara-negara peserta.

Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir tahun ini, bertujuan meningkatkan kerja sama dan interaksi antara Angkatan Laut Rusia dengan negarq ASEAN. Terlebih, hubungan ASEAN dan Rusia telah terjalin dengan baik.

Hubungan baik itu, sambung Sianipar terjadi sejak Rusia menjadi mitra dialog ASEAN pada tahun 1996. Oleh sebab itu, ASEAN dan Rusia terus membangun hubungan di berbagai bidang kerja sama.

“Latihan ini untuk meningkatkan kerja sama agar terjalin hubungan yang lebih kuat antara ASEAN dan Rusia, menuju hubungan yang lebih bermanfaat,” ungkap Sianipar dalam keterangannya dikutip, Kamis (14/10/2021).

Saat memimpin pertemuan tersebut, Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan turut  didampingi Deputy Chief of Combat Training Department, Russian Navy Pacific Fleet, Captain (Navy) Evgeny Smorkis. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.