Kemenpora Dorong Peran Millenial Berkolaborasi dan Berkontribusi Untuk Negeri

oleh
Staf Khusus Kemenpora Bidang Kreativitas dan Inovasi Millenial, Alia Noorayu Laksono

Jakarta, Borneo24.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam mendorong generasi muda berkontribusi untuk negeri menggelar event bertajuk Y Local? Fest.

Kegiatan yang digagas Staf Khusus Kemenpora Bidang Kreativitas dan Inovasi Millenial, Alia Noorayu Laksono, ini digelar di Foreground, SCBD, Jakarta, Jumat (20/11/2020). Event ini menjadi wadah bagi generasi milllenial di Indonesia dalam meningkatkan kreativitas mereka.

“Kegiatan ini ada tiga sesi, ada workshop, kemudian seminar, dan juga ada sesi gathering-nya,” kata Alia Noorayu Laksono.

Didukung organisasi sosial Esok Hari dan AMPI dan IDN Next Leader, kegiatan ini menghadirkan sejumlah pembicara. Di antaranya Nurul Arifin (Anggota DPR RI), Fahd Pahdepie (penulis), Jaya Setiawan Gulu (founder Jadi PNS), Andira Utami (founder PintarSehatPeduli.id), serta Hanif Dakhiri (Menaker RI 2014-2019).

Alia memaparkan, di tengah kondisi saat ini, anak muda tetap harus bisa kreatif dan berpikir inovatif. Karena itu, dorongan untuk mau berkolaborasi dengan sesamanya, harus ditingkatkan. Dengan begitu, akan banyak bidang usaha yang bisa dibangun dan dimulai sehingga bisa bangkit dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

“Narasumber tadi bilang, dengan kegiatan ini, minat anak muda atau komunitas pemuda untuk kolaborasi semakin tinggu. Mereka harus bisa berolaborasi untuk melawan pandemi ini,” terangnya.

Kegiatan ‘Y Local? Fest” di Jakarta ini diikuti oleh ratusan peserta. Mereka berasal dari 12 kampus se-Jabodetabek dan juga 20 lembaga sosial yang mayoritas digerakkan oleh anak-anak muda.

Rencananya, ucap Alia, kegiatan ini akan rutin digelar setiap sebulan sampai dua bulan sekali. Hanya, karena masih ada dalam masa pandemi Covid-19, otomatis kegiatan ini belum bisa intens dilaksanakan.

“Insyaallah kalau pandemi sudah lebih reda kami bisa membuat event yang lebih besar dan rutin setiap tahunnya,” ujar Alia.

Di sisi lain, Nurul Arifin dalam paparannya menegaskan bahwa bonus demografi Indonesia harus dimanfaatkan dengan tepat. Sebagai generasi millenial dan generasi muda, dia meminta agar jangan pernah pesimis.

“Yang pasti, sebagai anak muda jangan takut berinovasi, jangan takut berkreasi,” ungkapnya.

Selain itu, kata mantan bintang film tersebut, anak muda juga harus bisa berkolaborasi satu sama lain. Tujuannya, saat membangun inovasi dan kreasi itu sendiri sulit duwujudkan, maka bisa lebih mudah saat bergerak bersama-sama.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.