Latih Skill Pekerja, 1.000 BLK Komunitas Akan Didirikan Tahun Ini

oleh
Ilustrasi Gambar

Jakarta, Borneo24.com – Dalam upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia,  Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tetap berkomitmen untuk terus membangun Balai Latihan Kerja (BLK).

Tahun ini, Kemnaker pun menargetkan akan mendirikan 1.000 BLK di seluruh Indonesia.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, program BLK ini pun akan dikembangkan sehingga tak lagi hanya menyasar komunitas keagamaan.

“Penyebaran BLK Komunitas yang sebelumnya difokuskan untuk lembaga pendidikan keagamaan, saat ini mulai memperluas penyebarannya melalui peran dari Serikat Pekerja dan komunitas masyarakat lainnya,” kata dia, Senin (14/9).

Lanjut Ida, program BLK Komunitas merupakan terobosan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kompetensi SDM Indonesia, serta melengkapi soft skill dan pendidikan karakter yang ada dengan tambahan keterampilan atau hard skill.

Adapun, Program yang sudah dirintis sejak tahun 2017 hingga tahun 2019, telah menghasilkan adanya 1.113 lembaga BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, adanya BLK Komunitas ini merupakan salah satu pemerintah untuk meningkatkan kemampuan pekerja di masa pandemi Covid-19.

Dia berharap BLK Komunitas dapat menjadi penyedia pelatihan, utamanya untuk mendorong pelatihan pada daerah yang masih memiliki keterbatasan infrastruktur teknologi komunikasi.

“Ke depan program ini akan terus ditingkatkan dengan membuka pendaftaran dan pelatihan offline  dengan mempertimbangkan wilayah,” pungkas Airlangga. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.