Mengenal Flora Endemik di Indonesia Beserta Persebarannya

oleh
Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) Asal Kalimantan.

Jakarta, Borneo24.com Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan flora dan fauna. Sebagian besar flora dan fauna di Indonesia merupakan spesies yang dilindungi. Dikutip dari Atlas Flora dan Fauna Indonesia, Indonesia memiliki 2.827 spesies vertebrata non-ikan. Sebanyak 848 di antaranya merupakan spesies endemik atau spesies yang hanya ada di Indonesia.

Indonesia juga memiliki 37.000 jenis tanaman tinggi dari 115.475.183.025 tanaman di dunia. Dari  37.000 spesies, sekitar 14.800 sampai 18.500 merupakan tumbuhan endemik Indonesia. Flora dan fauna Indonesia beragam di berbagai daerah.

Berdasarkan wilayah dan karakteristiknya, persebaran flora dan fauna dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Indonesia bagian barat, timur dan tengah.  Tiga bagian wilayah dipisahkan oleh garis Wallace dan garis Weber. Garis Wallace membentang barat dan tengah, sedangkan Garis Weber memisahkan Indonesia dari tengah dan timur.

Berikut Flora Endemik di Indonesia Beserta Persebarannya:

Indonesia Bagian Barat

Flora tumbuh di berbagai belahan dunia. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, iklim, jenis tanah, tinggi rendah permukaan bumi, atau biotiknya. Iklim memiliki dampak besar, terutama pada suhu  dan curah hujan. Daerah dengan curah hujan tinggi adalah hutan dengan beragam spesies tanaman.

Di sisi lain, daerah dengan curah hujan yang rendah tidak memiliki banyak hutan yang lebat dan padang rumput yang luas dengan semak belukar yang rindang. Flora Indonesia bagian barat meliputi berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan pulau-pulau sekitarnya.

Flora di Indonesia bagian barat mirip dengan tumbuhan  Asia. Untuk varietasnya seperti gom, kapur barus (camphor), kemenyan, meranti, mahoni. Sedangkan flora endemik Indonesia bagian barat, di anataranya Rafflesia Arnoldi, bunga bangkai Amorphophallus Titanum, serta flora hutan pohon keruing, meranti, kapur barus, kepuh, ketapang, sawo kecik, anggrek hitam dan rotan.

Indonesia Bagian Timur

Persebaran tumbuhan pada Indonesia bagian timur diklaim menggunakan tipe Australis. Hal ini karena pesebaran dlira di bagian timiur hampir sama dengan flora di benua Australia pada umumnya.

Pulau-pulau yg termasuk wilayah persebaran tumbuhan Indonesia timur yaitu Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku & Papua.  Di Indonesia bagian timur banyak ditemui pohon sagu, pohon nipah, & hutan bakau. Salah satu flora endemik indonesia kawasan australis adalah sagu. Selain itu masih ada kayu cendana, dan kayu eboni.

Indonesia Bagian Tengah

Flora Indonesia bagian tengah merupakan daerah peralihan antara Indonesia barat dan timur. Jenis tumbuhan yang menonjol di Indonesia bagian tengah adalah hutan monsun (hutan jati). (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.