Tilang Manual Akan Dihapus, Beralih ke ETLE Statis dan Mobile

oleh
Direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman.

Jakarta, Borneo24.com Korlantas Polri akan mengembangkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile di DKI Jakarta, dan penerapan model ETLE yang lebih dinamis tersebut dipastikan lebih bisa mendisiplinkan para pengguna jalan agar lebih tertib berlalu lintas.

Direktorat lalu lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman menyambut baik rencana ini dan berharap seluruh ruas Jalan di Jakarta bisa dipasang kamera ETLE.

“Tentunya kami juga akan menerima kebijakan daripada Korlantas, khususnya dalam ETLE mobile yang akan dikembangkan karena diharapkan secara keseluruhan nanti tidak ada lagi penilangan secara manual.

Ini yang diharapkan oleh Bapak Kapolri dan mudah-mudahan di Jakarta pun ini bisa terwujud segera. Jadi di seluruh ruas jalan bisa diawasi penegakan hukumnya melalui ETLE yang ada,” jelasnya Dirlantas.

Dirlantas Polda Metro Jaya pada 2023 berencana untuk menambah beberapa titik kamera tilang elektronik atau ETLE di beberapa wilayah di Jakarta yang belum terpasang kamera ETLE.

Rencana penambahan kamera ETLE tersebut juga dimaksudkan akan menghapus penindakan tilang manual terhadap pelanggar lalu lintas.

“Secara keseluruhan nanti kalau ruas jalan sudah terawasi, ga boleh ada lagi penilangan manual. Tapi karena ada beberapa ruas yang belum terpasang ETLE, itu kan perlu pengawasan secara manual,” jelas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman.

Selain dengan pemasangan ETLE statis, Ditlantas juga berencana menerapkan ETLE mobile yang dapat dilakukan untuk penindakan hukum lalu lintas. “Nanti kalo ETLE mobile sudah ada, ETLE statis dipasang dimana-mana, nanti kita seluruh wilayah sudah tercover, tidak ada lagi tilang manual,” terang Kombes. Pol. Latif Usman.

Oleh karenanya, dengan diterapkan tilang ETLE baik statis maupun mobile, transparansi penindakan hukum dapat ditegakkan dengan baik serta tidak ada lagi penyalahgunaan wewenang. “Jadi, tidak terjadi penyalahgunaan wewenang dan transparansi penegakan hukum bisa terwujud,” jelas Dirlantas. Dirlantas juga berharap, dengan banyaknya kamera ETLE yang terpasang, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas bisa meningkat dan para aparat kepolisian yang bertugas di lapangan bisa bekerja secara transparan. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.