Wellness Tourism Merupakan Kunci Pemulihan Pariwisata Indonesia

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.com Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai, wellness tourism atau wisata kebugaran merupakan kunci pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia, bahkan dunia.

“Saya yakin industri yang tahan terhadap krisis adalah industri wellness (tourism), terutama setelah pandemi, kesehatan menjadi prioritas semua orang,” kata Sandiaga, lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (5/8/2022). Meski pandemi berdampak cukup signifikan terhadap industri parekraf, namun di sisi lain, isu kesehatan juga berdampak terhadap peningkatan perjalanan wisata terutama wellness tourism. Selain itu, lanjutnya, ada pula tren untuk mempromosikan gaya hidup sehat.

“Dan wellness tourism ini menjadi kunci pemulihan pariwisata nasional dan global,” tambahnya. Adapun fenomena meningkatnya kepedulian akan kesehatan usai pandemi dinilai sebagai bukti bahwa wellness tourism menjadi salah satu industri yang tangguh, inklusif, dan responsif terhadap krisis.

Indonesia memiliki potensi pasar yang besar terkait wellness tourism global. Menurut Global Wellness Institute, sebuah organisasi nirlaba dengan misi memberdayakan kebugaran di seluruh dunia, pada tahun 2017, Indonesia berada di posisi ke-17 sebagai pasar tujuan wisata kebugaran. Indonesia juga menjadi pasar terbesar kedua se-Asia Tenggara yang menciptakan 1,31 juta tenaga kerja.

“Indonesia ada di peringkat ke-17 sebagai pasar tujuan wisata kebugaran. Mestinya kita ada di top five (peringkat lima besar) global. Ini pekerjaan rumah yang sangat besar, karena ternyata wellness tourism ini menciptakan 1,3 juta lapangan kerja yang baru dan berkualitas,” jelas Sandiaga.

IWTCF 2022 juga menjadi sarana promosi produk kreatif dan destinasi wellness tourism di Indonesia, sekaligus wadah diskusi isu-isu terkini. “Karena wellness tourism ini tentang pendemokrasian kesehatan. Kesehatan bisa didukung bukan hanya oleh rumah sakit besar, tapi juga UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah). Inilah konsep dari pada wellness tourism dan kita akan memfasilitasi networking and business matching (memperluas jaringan),” terangnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.