PSSI Laporkan ke FIFA akan Gelar KLB Pada Maret 2023

oleh
Kantor FIFA. (Foto: Ist).

Jakarta, Borneo24.com Kongres Luar Biasa (KLB) diputuskan akan digelar PSSI lebih cepat dari jadwal yakni Maret 2023. Rencana KLB ini telah dilaporkan induk sepakbola Indonesia itu ke FIFA.

Surat resmi pemberitahuan percepatan pelaksanaan kongres dikirim pada Senin (31/10/2022) diumumkan di situs resmi PSSI. Surat tersebut ditandatangani ileh Sekjen PSSI Yunus Nusi dan ditujukan kepada Sekjen FIFA Fatma Samoura.

Percepatan KLB ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan darurat Exco PSSI pada Jumat (28/10). Saat itu, para Exco akhirnya memutuskan mempercepat kongres biasa pemilihan melalui tahapan mekanisme KLB sesuai tahapan aturan organisasi.

Rekomendasi FIFA diharapkan PSSI tentang pelaksanaan kongres dapat diberikan sebelum 7 November mendatang, sehingga PSSI dapat melakukan pemberitahuan kepada anggota sekurang-kurangnya 60 hari sebelum pelaksanaan kongres, sesuai dengan statuta PSSI pasal 32 ayat 2.

Kamudian salah satu agenda penting pada kongres biasa yang direncanakan digelar pada 7 Januari 2023 adalah penetapan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Selanjutnya KP dan KBP terpilih akan menyusun tahapan menuju KLB pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif yang rencananya digelar tanggal 18 Maret 2023.

Seperti diketahui, PSSI disorot usai terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang dan melukai ratusan lainnya pada 1 Oktober silam. Desakan publik dan pemerintah untuk melakukan transformasi tata kelola sepakbola Indonesia akhirnya membuat PSSI bersedia melakukan KLB lebih cepat.

No More Posts Available.

No more pages to load.