10 Daftar Universitas Terbaik di Indonesia 2020 Versi Kemenristekdikti

oleh

Jakarta, Borneo24.com – Berikut adalah universitas terbaik di Indonesia 2020 versi Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) yang dinilai berdasarkan 4 kriteria.

Kriteria dimaksud yaitu manajemen dan organisasi perguruan tinggi, mutu kegiatan kemahasiswaan, mutu SDM, dan mutu riset serta publikasi ilmiah.

1. Institut Teknologi Bandung

Berada di ranking pertama adalah ITB yang pada tingkat internasional berada di urutan ke 331 sebagai kampus terbaik dunia versi Top Universities. Sejak didirikan di tahun 1959 ITB saat ini menawarkan 27 program studi yang telah mengantongi akreditasi internasional, antara lain dari ABET dan ASIIN.

Ada 5 jurusan favorit yang selalu dibanjiri peminat setiap tahunnya, yaitu Teknik Informatika, Teknik Geofisika, Teknik Metalurgi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Perminyakan.

2. Universitas Gadjah Mada

Perguruan tinggi yang berada di kota Yogyakarta ini berdiri tahun 1949 yang pada awalnya merupakan upaya penggabungan beberapa sekolah tinggi. Saat ini UGM mempunyai 18 fakultas, Pendidikan Pascasarjana, serta studi vokasi dengan puluhan jurusan.

Hampir semua prodi UGM telah terakreditasi A BAN PT dan sebagian besar bahkan memiliki akreditasi internasional. Jurusan favoritnya, yaitu Kedokteran, Hukum, Psikologi, Manajemen, dan Farmasi.

3. Institut Pertanian Bogor

Universitas terbaik di Indonesia 2020 versi Dikti di urutan ketiga adalah Institut Pertanian Bogor dengan konsentrasi utamanya adalah bidang pertanian. Walaupun begitu saat ini IPB juga banyak menyediakan jurusan non pertanian, biosains, atau bidang lain yang berkaitan.

Sama seperti ITB dan UGM, cukup banyak prodi di IPB telah diakui secara internasional. Jurusan-jurusan favoritnya yaitu, Ilmu Gizi, Teknologi Pangan, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Manajemen, dan Agronomi Hortikultura.

4. Institut Teknologi Sepuluh November

Kampus ITS secara resmi berdiri pada tahun 1957 di Surabaya dan berkonsentrasi pada pengembangan keilmuan di bidang teknologi serta kelautan (maritime). Kelebihan kampus ini adalah berbagai terobosan terbarunya melalui riset-riset aktif dan inovatif hingga sekarang.

4 Jurusan favoritnya yang mungkin dapat menginspirasi putra-putri Parent Pinters, adalah, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Sipil.

5. Universitas Indonesia

Kampus ini juga merupakan salah satu icon pendidikan di Ibukota. UI menampilkan citra sebagai perguruan tinggi yang modern, terbuka, dan komprehensif tanpa melupakan sisi humanis dan multikultur.

Universitas ini selain menawarkan disiplin keilmuan yang cukup beragam, juga sangat mendukung aktivitas penelitian. Jurusan-jurusan favorit saintek dengan tingkat kompetisi ujian masuk yang ketat adalah: Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Geologi, dan Ilmu Komputer.

Sementara di jurusan Soshum primadonanya adalah Ilmu Hukum, Manajemen, Komunikasi, Akuntansi, dan Psikologi.

6. Universitas Diponegoro

Beberapa hal yang menonjol pada kampus ini adalah bidang pengajaran, riset, dan berbagai terobosan barunya yang didukung oleh infrastruktur terbaik.

Jurusan favoritnya pada bidang saintek adalah Ilmu Gizi, Kedokteran, Teknik Sipil, Arsitektur dan Tata Kota.
Sementara untuk bidang hukum jurusan yang banyak diminati adalah Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Ilmu Perpustakaan, dan Ilmu Pemerintahan.

7. Universitas Airlangga

Perguruan tinggi UNAIR selain termasuk dalam 10 universitas terbaik di Indonesia 2020 juga merupakan kampus terbaik di Jatim. Tidak hanya menyediakan berbagai jurusan bergengsi terakreditasi A, ada faktor lain yang merupakan keunggulan kampus ini.

Jurusan paling diminati sekaligus terbaik di universitas yang terletak di kota Pahlawan ini adalah Kedokteran. Selain itu Psikologi, Ilmu Hukum, Manajemen, dan Kesehatan Masyarakat juga banyak difavoritkan.

8. Universitas Hasanuddin

Berada di Kota Makassar, Sulsel, kampus Unhas ini juga bisa menjadi alternative tujuan studi putra-putri Parent Pinters. Tidak hanya menyediakan aktivitas akademik pada berbagai jurusannya, Unhas juga kerap menggelar berbagai kegiatan edukatif, seperti kuliah umum dan workshop.

Jurusan unggulan di Unhas adalah Farmasi, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Akuntansi, dan Ilmu Keperawatan.

9. Universitas Brawijaya

Pada posisi 9 peringkat universitas di Indonesia 2020 versi Dikti ada Universitas Brawijaya dengan kampus utama di kota Malang Jatim. Selain gelar bergengsi dari Kemenristekdikti sebagai salah satu kampus terbaik, Universitas Brawijaya juga meraih ranking kedua pada kategori transparansi informasinya.

Jurusan favorit di kampus ini adalah Ilmu Hukum, Agroteknologi, Peternakan, Ilmu Administrasi Bisnis, dan Kedokteran.

10. Universitas Padjadjaran

Pada bidang saintek jurusan yang paling diburu adalah Farmasi, Kedokteran, Ilmu Keperawatan, Teknik Informatika, dan Agroteknologi. Sementara pada bidang Soshum ada Ilmu Hukum, Komunikasi, Manajemen, Psikologi, dan Hubungan Internasional.

Nah, teman-teman, demikianlah daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang dapat menjadi minat Anda dalam melanjutkan studi. Jika ingin menjadi bagian dari lingkungan akademik bergengsi tersebut, pastikan melakukan persiapan sedini mungkin misalnya dengan mengikuti bimbel persiapan SNMPTN. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.