7 Jurusan Politeknik yang Mudah Dapat Kerja

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.com Jurusan di politeknik yang cepat dapat kerja ternyata sangat beragam dan tidak kalah dengan jurusan yang ada di perguruan tinggi akademik lainnya.

Dengan keunggulan pendidikan vokasi yang fokus pada penguasaan skill, lulusannya pun semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Bagi lulusan SMA dan sederajat memilih perguruan tinggi dan juga jurusannya yang sesuai minat dan bakat bukan hal yang mudah.

Kekhawatiran apakah setelah lulus akan mudah diterima di dunia kerja juga menjadi alasan lain banyak di antara mereka bingung menentukan jurusan apa yang cocok.

Sejatinya, calon mahasiswa baru di Indonesia tidak hanya terbatas untuk menempuh perguruan tinggi akademik saja.

Namun perguruan tinggi vokasi atau politeknik pun dapat menjadi pilihan yang menguntungkan. Bagi kalian yang mau kuliah di politeknik, berikut ini tujuh jurusan di politeknik yang memiliki prospek kerja tinggi yang dikutip dari Instagram Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek @diktivokasi.

1. Teknik Grafika dan Penerbitan

Bagi kalian yang setelah lulus ingin mempunyai usaha percetakan sendiri atau bahkan ingin menjadi wartawan atau desainer grafis, jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan cocok untukmu.

Salah satu Politeknik yang membuka jurusan ini ialah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang sudah berdiri sejak 1990. Dengan adanya kerja sama dengan beberapa industri media massa, kalian akan jadi lulusan muda yang siap terjun ke lapangan.

  1. Teknik Sipil

Peluang kerja lulusan Teknik Sipil itu sangat luas. Terutama di Indonesia sebagai negara berkembang yang sedang meningkatkan proyek infrastrukturnya. Mahasiswa politeknik jurusan Teknik Sipil akan mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

  1. Teknik Mesin

Lulusan Teknik Mesin memiliki peranan penting dalam menciptakan alat yang sesuai dengan kebutuhan bioteknologi. Peluang kerjanya ada di bidang industri otomotif, kedirgantaraan, dan juga industri manufaktur.

Mahasiswa tidak hanya akan belajar mengenai mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya. Namun juga akan belajar mengenai konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, dan juga material.

  1. Akuntansi Jurusan

Akuntansi juga memiliki peluang kerja bagus. Mereka banyak dibutuhkan di berbagai sektor perusahaan sehingga sangat mudah bagi lulusan Akuntansi untuk bekerja di sektor apapun. Pendidikan Vokasi D3 Akuntansi akan lebih sering mengajak mahasiswanya untuk praktik langsung dengan menghitung kasus-kasus asli di dunia kerja.

  1. Administrasi Niaga

Seperti diketahui, prospek kerja di bidang niaga atau bisnis memang sangat luas dan beragam, tak terkecuali untuk para mahasiswa lulusan Jurusan Administrasi Niaga. Lulusan Administrasi Niaga tentunya akan memiliki keahlian seperti mampu merumuskan, menganalisa, hingga merancang solusi terkait permasalahan di dunia bisnis sehingga tak heran lulusannya banyak dicari perusahaan. Bahkan kini pekerjaan jurusan Administrasi Niaga menjadi sangat luas, karena bidang studi ini mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

  1. Teknik Informatika dan Komputer

Kalian tertarik dengan dunia IT? Bagi kalian yang ingin siap bekerja di dunia industri 4.0, banyak hal yang akan kalian pelajari di jurusan Teknik Informatika dan Komputer, mulai dari programming, desain, dan lainnya. Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan prospek kerja lulusan Teknik Informatika dan Komputer semakin luas dengan jenis pekerjaan keren, karier beragam dan bergengsi, tentunya juga gaji yang tidak kacangan.

  1. Teknik Elektro

Jurusan terakhir yang pastinya bikin lulusannya langsung kerja setelah lulus adalah Teknik Elektro. Meski tidak dterima di universitas, jangan malu kalau kalian kuliah di Teknik Elektro politeknik. Sebab kalian akan belajar dan praktik lebih banyak, dan pastinya ada kerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama yang akan menjamin langsung kerja. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.