Berikut 5 Jenis Pendidikan Tinggi di Indonesia, Universitas hingga Akademik

oleh
5 Jenis Pendidikan Tinggi di Indonesia, Universitas hingga Akademik.

Jakarta, Borneo24.comCalon mahasiswa pasti pernah mendengar jenis pendidikan tinggi seperti universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik hingga akademik.

Sebelum memilih salah satu diantaranya, akan lebih baik mengetahui jenis-jenis pendidikan tinggi dan perbedaannya. Melansir dari laman Rencanamu.id, berikut penjelasan mengenai universitas, insitut, sekolah tinggi, politeknik hingga akademi.

Jenis pendidikan tinggi di Indonesia

1. Universitas

Universitas menjadi salah satu pendidikan tinggi yang sering didengar. Universitas biasanya ada yang berstatus negeri dan swasta. Universitas terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan dengan bidang ilmu yang berbeda-beda ilmu.

Universitas juga bisa menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Seperti rumpun ilmu agama (syariah, ekonomi Islam, ilmu penerangan agama Hindu dan masih banyak lainnya). Rumpun ilmu Humaniora (filsafat, sejarah, bahasa dan banyak lainnya). Rumpun ilmu alam (ilmu angkasa, ilmu kebumian, kimia dan lain sebagainya).

Calon mahasiswa yang memilih universitas juga menawarkan program pendidikan yang berbeda-beda. Mulai dari D3, D4 hingga S1 dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2. Institut

Institut juga hampir sama dengan universitas. Bedanya, fakultas dalam institut berasal dari satu jenis keilmuan saja. Sedangkan universitas fakultasnya berasal dari berbagai jenis keilmuan.

Misalnya Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya fokus kepada rumpun ilmu alam. Sehingga fakultas di ITB hanyalah yang terkait dengan ilmu alam. Seperti ilmu angkasa, ilmu kebumian, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu fisika dan lain sebagainya.

3. Sekolah tinggi

Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang melaksanakan Pendidikan Akademik dan atau Pendidikan Vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Perbedaan besar sekolah tinggi dengan universitas maupun institut yakni sekolah tinggi terdiri dari satu fakultas yang terbagi dalam berbagai jurusan.

Misalnya sekolah tinggi ilmu komunikasi hanya menyediakan jurusan-jurusan dari fakultas Komunikasi. Seperti Hubungan Masyarakat, Penyiaraan, Periklanan dan sebagainya.

4. Politeknik

Satu lagi jenis pendidikan tinggi yang ada di Indonesia adalah Politeknik. Politeknik adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi saja.

Tujuan Politeknik adalah menyiapkan peserta didiknya untuk menjadi lulusan yang punya kemampuan profesional di bidang tertentu.

Selain itu juga bisa menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi agar taraf hidup masyarakat dan kesejahteraan umat manusia meningkat.

5. Akademi

Jenis pendidikan tinggi lainnya yang terdapat di Indonesia yakni Akademi. Akademi sama dengan Politeknik karena hanya menyelenggarakan pendidikan Vokasi saja dalam satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi atau seni tertentu.

Beda antara Politeknik dan Akademi adalah Politeknik bisa menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dari beberapa rumpun ilmu. Sedangkan Akademi hanya bisa menyelenggarakan pendidikan vokasi dari satu cabang ilmu saja. Misalnya di Politeknik Negeri Jakarta ada jurusan dalam rumpun ilmu rekayasa (teknik elektro, teknik mesin, teknik kimia dan lain sebagainya).

Dari 5 jenis pendidikan tinggi di Indonesia pembedanya yakni jenis-jenis perguruan tinggi adalah cakupan bidang ilmunya. Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi lebih fokus kepada Pendidikan Akademik (meskipun bisa menyelenggarakan Pendidikan Vokasi juga).

Politeknik dan Akademi khusus menyelenggarakan pendidikan vokasi. Rumpun ilmu yang diajarkan di universitas juga sangat bervariasi. Sementara rumpun ilmu yang diajarkan di jenis perguruan tinggi lainnya lebih spesifik. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.