Dari 17 Kecamatan, Hanya 13 Kecamatan Ikut OSN

oleh

KAPUAS – Lomba OSN yang dilaksanakan Tahun 2019 yang berlangsung di SDN 5 Selat Hilir hanya diikuti 13 Kecamatan sedangkan 4 kecamatan tidak mengirimkan peserta.

Hal ini diakui Muhammad Hassan Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas karena jarak yang ditempuh sangat jauh. Namun peserta tahun ini lebih banyak dari pada peserta dari pada tahun 2018.

“Memang dari 17 kecamatan hanya 13 kecamatan yang ikut sedangkan 4 kecamatan yaitu Mandau Telawang, Pasak Telawang, Kapuas Hulu dan Kapuas Tengah tidak mengikutkan peserta didiknya,” ungkap Hassan usai pembukaan OSN di halaman SDN 5 Selat Hilir, Senin(18/03/2019).

Dia menjelaskan, seleksi OSN ini ditingkat Kecamatan, antar gugus baru naik ke tingkat Kabupaten, berlanjut ke Provinsi dan Nasional. Untuk peserta tahun ini lebih banyak dari tahun. “Kalau tahun 2019 ini, jumlah siswa lebih banyak, karena diambil 12 orang untuk matematika 6 siswa dan IPA 6 siswa bahkan ada yang mengirim 6 siswa tergantung kondisi sekolah” ungkapnya. 

Nantinya lanjut Hassan, setiap siswa yang mengkuti 0SN ini akan diberikan sertifikat baik dari ranking satu hingga rangking terakhir. “Kita melihat minat anak untuk mengikuti OSN ini meningkat sampai 50 persen. Tahun 2018 kemarin100 orang pun tak sampai,” terangnya. (RP/02)