Delapan Kampus Indonesia Jalin Kerja Sama Bidang Akademik dengan PKNU

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.com Sejalan dengan semangat untuk mengembangkan kerja sama internasional yang erat sesuai dengan prioritas kebutuhan perguruan tinggi, delapan rektor perguruan tinggi di Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang akademik dengan Presiden Pukyong National University (PKNU), Jang Young-Soo.

Delapan Kampus Tersebut Adalah:

  1. Institute Pertanian Bogor
  2. Universitas Negeri Mataram
  3. Universitas Negeri Makassar
  4. Universitas Negeri Padang
  5. Universitas Negeri Semarang
  6. Universitas Negeri Surabaya
  7. Universitas Negeri Yogyakarta
  8. Universitas Pattimura

Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI, Gogot Suharwoto menyampaikan bahwa MoU delapan kampus dengan PKNU akan dipantau secara berkala untuk memastikan kegiatan nyata akan diwujudkan oleh setiap perguruan tinggi.

“Mengingat pentingnya kerja sama dimaksud, setiap perguruan tinggi memiliki prioritas bidang kerja sama yang berbeda, maka pertemuan lanjutan dengan masing-masing kampus dan PKNU akan didampingi oleh Atdikbud RI di Seoul,” ujar Gogot saat seperti dilansir dari keterangan tertulis Kamis (17/11/2022).

Kerjasama antara perguruan tinggi di Indonesia dengan negara luar merupakan hal yang semakin berkembang pesat saat ini.

Dunia pendidikan tidak saja merupakan urusan domestik semata, namun sudah menjadi bagian kerja sama antar negara. Kolaborasi perguruan tinggi antar negara dapat berkontribusi untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi dan kualitas sumber daya manusia suatu negara.

Presiden PKNU, Jang Young-Soo, menyampaikan apresiasi yang besar terhadap kesediaan delapan rektor yang hadir pada acara penandatangan MoU.

Pihak PKNU menyampaikan kesiapan mereka untuk bekerja sama dalam berbagai bidang yang sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak terutama dalam mewujudkan keluaran yang nyata dalam menyongsong 50 tahun hubungan bilateral kedua negara.

Kerja sama bidang akademik ini bertujuan mengembangkan kerja sama nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya riset, sains, dan teknologi, serta internasionalisasi perguruan tinggi dari kedua belah pihak.

Bentuk kerja sama yang telah disepakai meliputi kerja sama persahabatan; kegiatan promosi saling pengertian, kolaborasi akademik, pertukaran budaya dan personil (mahasiswa, dosen dan peneliti); serta memfasilitasi upaya kolaboratif lainnya yang dianggap bermanfaat bagi kedua belah pihak.

MoU yang ditandatangani ini, menjadi panduan para pihak dalam bekerja sama untuk mempromosikan hubungan akademik dan pendidikan yang berlaku selama tiga tahun.

Sebagai tambahan, PKNU merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang terdepan dalam bidang riset kelautan terutama untuk studi perikanan, maritim  dan juga pengembangan teknologi inovasi. PKNU memiliki 26 ribu lebih mahasiswa aktif dengan jumlah mahasiswa asing terbesar di Busan, Korea Selatan, termasuk 58 mahasiswa Indonesia. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.