Empat Paskibraka Terbaik Kobar Akan Dikirim Ke Provinsi

oleh

KOTAWARINGIN BARAT – Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten dilakukan di Lapangan Sampuraga mulai pukul 06.00 WIB hingga selesai. Seleksi Paskibraka tersebut diikuti oleh 435 orang.

Tahap awal seleksi dilakukan di sekolah masing-masing oleh Purna Paski, dan menyisakan  221 orang. Seleksi dilakukan oleh Tim Penyeleksi terdiri dari Tim Kesehatan, Purna Paski dan Dispora.

Kepala Bidang Pembinaan Kepemudaan Rakhmat Mulyanto, mengatakan syarat-syarat untuk lolos paskibraka adalah dengan tinggi badan putra 170 cm dan putri 160 cm. Selain itu, di tentukan pula dari segi berat badan ideal (tinggi badan di kurang 110), fisik, kesehatan dan PBB, Sabtu (9/3/2019).

Rakhmat melanjutkan, jumlah yang dibutuhkan 74 orang yang terdiri dari 37 putra dan 37 putri. Dari 74 orang akan dipilih 10 terbaik, kemudian dipilih kembali 4 terbaik untuk dikirim ke tingkat Provinsi. Kegiatan seleksi paskibraka di mulai sejak tanggal 1-9 Maret 2019.

“Seleksi Paskibraka ini diikuti oleh seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat. Akan tetapi, ada beberapa sekolah yang tidak mengirimkan siswanya yakni MA Baul Ulum dan MA Termili” Jelas Rakhmat. 

Pada tahun ini peserta yang paling banyak lolos pada seleksi pertama berasal dari SMAN 1 Pangkalan Bun.

“Peserta seleksi paling tinggi (180 cm) berasal dari SMAN 2 dan SMAN 3 Pangkalan Bun” Ungkap Rakhmat. (RP/02)