Ini 8 Negara yang Tawarkan Kuliah Gratis S1, S2 dan S3

oleh
Kota Slovenia.

Jakarta, Borneo24.comAda delapan negara yang telah sejak lama menggratiskan biaya kuliah di negaranya. Bahkan, beberapa negara ini dikenal dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Contoh negara yang menawarkan gratis kuliah bagi mahasiswa adalah Finlandia. Seluruh biaya kuliah memang digratiskan oleh Pemerintah biaya.

Mahasiswa tinggal membayar biaya pribadi selama tinggal di Finlandia.  Namun, untuk mendapatkan biaya hidup, mahasiswa bisa mencari beasiswa di Finlandia yang menawarkan biaya hidup selama kuliah.

Lalu, negara mana lagi yang punya tawaran kuliah S1, S2, S3 gratis tanpa perlu daftar beasiswa?  Dilansir dari laman bimbingan studi ke luar negeri Titik Nol English, berikut daftar 8 Negara yang tanpa beasiswa bisa kuliah S1, S2 dan S3 gratis Daftar 8 negara tanpa beasiswa bisa kuliah S1, S2 dan S3 gratis.

1. Finlandia

Finlandia diakui semua negara di dunia sebagai negara terbaik dalam memberikan pelayanan pendidikan.

Sebagai salah satu negara maju di benua Eropa Utara, tak hanya membebaskan biaya pendidikan saja namun juga menyediakan banyak program studi berbahasa Inggris yang memudahkan mahasiswa asing dalam menempuh pendidikan di negara tersebut.

Namun calon mahasiswa harus ingat, jika pemerintah Finlandia hanya membebaskan biaya pendidikan atau gratis kuliah saja. Dengan kata lain untuk biaya hidup dan tempat tinggal tetap menjadi tanggung jawab masing-masing. 

Beberapa kampus terbaik di Finlandia diantaranya University of Helsinki, Abo Academy University, University of Turku, dan University of Tampere.

2. Norwegia

Sebagian besar universitas di Norwegia tidak lagi memungut biaya pendidikan bagi para mahasiswa lokal maupun internasional.  Artinya kamu bisa kuliah gratis tanpa perlu mendaftar beasiswa ke Norwegia. Meski demikian biasanya akan tetap ada iuran pendidikan di setiap semesternya sekitar 40-60 Euro. 

Berikut beberapa kampus terbaik di Norwegia, yaitu University of Oslo, University of Bergen, Western Norway University of Applied Sciences, dan University of Tromso.

3. Slovenia

Negara yang terletak di benua Eropa ini menawarkan kuliah gratis bagi mahasiswa internasional.  Ada sekitar 150 program berbahasa Inggris yang dapat diikuti oleh mahasiswa asing. Warga negara asing yang menempuh kuliah di Slovenia hanya diwajibkan membayar biaya registrasi saja. Selain itu negara Slovenia juga menawarkan biaya hidup yang cukup terjangkau.

Slovenia juga merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di Uni Eropa. Kampus terbesar di Slovenia adalah University of Ljubljana.

4. Jerman

Sebagai negara paling diburu calon mahasiswa untuk kuliah di luar negeri, ternyata Jerman juga menawarkan kuliah gratis bagi mahasiswa.

Meskipun pemerintah telah menggratiskan biaya kuliah, mahasiswa mulai S1, S2, dan S3 harus membayar iuran untuk menunjang kegiatan mahasiswa seperti event, maupun iuran wajib.

Beberapa kampus favorit yang dituju mahasiswa adalah Humboldt University di Berlin dan Technical University di Munich, serta masih banyak lagi universitas ternama di Jerman yang masuk dalam 100 universitas terbaik dunia.

5. Swedia

Ada banyak kampus Swedia yang cukup bergengsi. Misalnya, Universitas Uppsala, Universitas Lund atau Universitas Stockholm.

Swedia menawarkan banyak sekali program pendidikan tinggi berbahasa Inggris yang terdaftar di lebih 35 universitas.

Namun, kini Swedia tidak menerapkan pendidikan gratis seperti sebelumnya bagi mahasiswa internasional. Akan tetapi, banyak beasiswa full funded yang dapat kamu raih jika berkuliah di sana.

Tidak hanya itu banyak universitas di Swedia yang memberikan kuliah PhD gratis dan sebagian besar program yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

6. Prancis

Prancis juga menggratiskan biaya kuliah bagi warga negaranya dan mahasiswa asing. Namun perlu diingat calon mahasiswa, ada beberapa kampus yang tidak semua biaya kuliahnya digratiskan. Misalnya, perlu membayar biaya akhir semester sekitar €170 per tahun atau sekitar Rp2,7 juta.

7. Islandia

Dikenal sebagai negara yang memiliki suhu udara yang dingin, Islandia juga bisa menjadi salah satu pilihanmu jika ingin menghemat biaya kuliah. 

Menariknya semua perguruan tinggi di Islandia memberikan gratis kuliah untuk semua mahasiswa internasional. University of Iceland adalah salah satu yang terbesar di Islandia dan tidak mengenakan biaya pendidikan apapun.

Meski demikian tetap terdapat biaya pendaftaran tahunan sekitar sebesar 600 dollar atau sekitar 7,9 juta rupiah per tahunnya.

8. Denmark

Selain dikenal dengan destinasi wisata yang menakjubkan di Eropa, Denmark juga memberikan program gratis kuliah mulai jenjang bachelor (S1) hingga master (S2) untuk mahasiswa yang berasal dari negara di Uni Eropa.

Mahasiswa Indonesia, jangan khawatir jika tak dapat gratis kuliah di Denmark. Sebab, beberapa kampus di Denmark ada yang menggratiskan kuliah bagi mahasiswa.

Misalnya, kampus Aalborg University, University of Southern Denmark, dan Roskilde University. Lalu universitas seperti Aarhus University, University of Copenhagen, Technical University of Denmark, dan universitas lainnya.

Itulah 8 negara yang tanpa beasiswa, bisa kuliah gratis jenjang S1, S2 dan S3.

No More Posts Available.

No more pages to load.