Kemendikbud Diminta Pastikan HAM Jadi Standar Pendidikan Indonesia

oleh
Ilustrasi Gambar.

Jakarta, Borneo24.com – Komnas HAM berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait maraknya pelanggaran HAM pada ranah pendidikan dan kebudayaan.

“Komnas HAM RI dan Kemendikbud memiliki korelasi sehingga dapat melakukan upaya strategis salah satunya dalam hal pendidikan merdeka,” kata Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI M Choirul Anam di¬†Jakarta, Rabu (14/3).

Dia menjelaskan pihaknya menerima pengaduan dengan dua jenis tipologi. Salah satunya berhubungan dengan mahasiswa yang mengadukan kebijakan-kebijakan tertentu kemudian berujung intervensi atau berhadapan hukum.

“Sehingga terjadi sanksi drop out Kemudian aduan di tingkat pendidikan dasar hingga menengah yaitu mengenai perlakuan diskriminasi dan stigmatisasi,” bebernya.

Oleh sebab itu, dia berharap Kemendikbud dapat mewujudkan kemerdekaan pendidikan dan memanusiakan manusia yang merdeka.

Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara mengenalkan Program Komnas HAM RI Sekolah Ramah HAM yang sudah dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Propinsi Kalimatan Barat, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“Berharap Kemendikbud yang memiliki kewenangan menciptakan suasana atau kondisi yang kondusif atas sistem pendidikan nasional di Indonesia dapat memastikan hak asasi manusia menjadi standar pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem melalui Komnas HAM RI mengatakan masyarakat dapat mengadukan persoalan pelanggaran HAM yang dialaminya. Pihaknya membutuhkan dukungan dan bantuan dari Komnas HAM terkait hal tersebut.

Kemendikbud dan Komnas HAM menyepakati poin-poin mengenai review kurikulum pendidikan dengan memasukkan prinsip-prinsip hak asasi manusia, penyelesaian bersama kasus pelanggaran kebebasan akademik, dan penanganan persoalan masyarakat adat dan kebudayaan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM RI Amiruddin Al Rahab, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara dan Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan M.Choirul Anam, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im, Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam, Puspeka Kemendikbud Hendarman, Plt Karo Dukungan Pemajuan HAM Komnas HAM RI Mimin D.H, Stafsus Mendikbud Dei Sudarmo dan M.Heikal serta Sub Koordinator Bidang Kerjasama Antar Lembaga Komnas HAM RI Sri Nur Fathya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.