Kepala Sekolah Jaga UNBK Sendirian

oleh
oleh

MURUNG RAYA – SMAN 2 Kelurahan Muara Tuhup Kecamatan Laung Tuhup, telah melaksanakan UNBK mulai Jumat (15/03/2019), yang diikuti dengan jumlah muridnya 83 orang. Namun dalam pelaksaan UNBK itu berbeda dari UNBK pada umumnya. Pasalnya USBN ini dijaga oleh Kepala Sekolah sendiri.

Dengan adanya laporan dari pihak masyarakat dalam pelaksanaan, ada kejanggalan kenapa yang melaksakan UNBK hanya kepsek sendiri, sedangkan tenaga didik atau guru yang ada di sekolah itu ada berjumlah 12 orang dimana 5 orang berstatus PNS, dan 7 orang tenaga honorernya.

Setelah dikofirmasi langsung, Kepala Sekolah SMAN 2 Kelurahan Muara Tuhup Safi’i membenarkan bahwa untuk pelaksanaan UNBK ini dia laksanakan sendiri, dengan alasan guru-guru yang lain berhalangan ada kesibukan lain. Ada juga yang suaminya sakit, bahkan mereka tidak ada yang bisa menjadi operator selain Safi’i sendiri, Selasa (19/03/2019).

Salah satu tenaga honorer pengajar di SMAN 2 Muara Tuhup yang tak ingin disebutkan namanya, saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan UNBK di sekolah tempat dia mengajar mengatakan, bahwa Kepsek tidak ada keterbukaan dengan guru lain yang ada di sekolah. Dia juga mengatakan, dari rencana pelaksanaan UNBK sampai dilaksanakan sekarang, Kepsek tidak pernah mengajak rapat guru yang ada di sekolah itu untuk membahas tentang UNBK.

Dia juga mengatakan kalau aturan yang telah lewat itu, harus ada rapat pembentukan panitia pelaksanaan. ”Jadi kami guru-guru yang dilibatkan ada memegang SK masing masing sesuai tugasnya, namun sampai sekarang itu semua tidak ada. Dia juga mengatakan sebenarnya dalam pelaksanaan UNBK ini harus ada pengawas dari Kabupaten, ataupun Provinsi supaya dapat mempertanggungjawabkan pelaksanaannya” pungkasnya. (RP/02)