OSN Jadi Salah Satu Cara Kapuas Tingkatkan Prestasi Siswa

oleh

KAPUAS – Pembukaan OSN tingkat Kabupaten Kapuas yang berlangsung di halaman SDN 5 Selat Hilir dihadiri ratusan siswa dari 13 kecamatan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Riduanto mengatakan,olimpiade sains merupakan upaya pemerintah meningkatkan penjaminan mutu pendidikan serta pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Riduanto melanjutkan, kegiatan Olimpiade merupakan wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar kreativitas dan kemampuan berpikir kritis. “Mereka akan tumbuh menjadi generasi berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri” katanya saat membuka kegiatan OSN di Halaman SDN 5 Hilir, Senin (18/3/2019).

Kegiatan ini bukan saja suatu kompetisi, tetapi pada dasarnya meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi, dan memupuk sikap saling menghargai, menghormati, solidaritas dan toleransi. “Kalah atau menang bukanlah tujuan tetapi jadikan motivasi dalam rangka mencapai tujuan” ungkap Riduanto.¬†

Dia berharap dengan kegiatan tersebut ada kesan tersendiri bagi anak-anak peserta didik berbagi pengalaman dan meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan IPA. “Kegiatan ini merupakan peningkatan sarana prasarana non fisik dimana meningkatkan kualitas anak didik lebih baik dan melalui kegiatan ini kita mengukur kualitas pendidikan anak” pungkasnya. (RP/02)