Selain Candi Borobudur, Ini 4 Candi Buddha dari Asia yang Terkenal Keindahannya

oleh
Kuil Wat Rong Khun, Thailand.

Jakarta, Borneo24.com Patut menjadi kebanggaan, Indonesia memiliki salah satu warisan dunia atau World Heritage List yang dikeluarkan oleh UNESCO. Kebanggaan tersebut adalah Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah.

Uniknya, di Candi Borobudur terdapat 2672 panel relief serta ada 504 arca Buddha. Dengan jumlah tersebut, Candi Borobudur menjadi candi terlengkap dengan relief terbanyak di dunia.

Nah, yang banyak orang belum tahu adalah penemu Candi Borobudur ternyata bukanlah seorang Indonesia, melainkan orang Inggris.

Pada tahun 1814, seorang warga Inggris yaitu Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stamford Raffles, menemukan susunan batu bergambar di Magelang.

Kemudian, Raffles mengutus orang untuk membersihkan batu-batu tersebut yang kini adalah Candi Borobudur. Penemuannya itu pun disebarkan dalam sebuah buku, hingga akhirnya terkenal di seluruh dunia.

Tidak hanya Indonesia, ternyata beberapa negara di Asia juga mempunyai candi-candi Buddha yang indah. Ada candi apa saja.

1. Angkor Wat, Kamboja

Di Kamboja, negara tetangga Indonesia, juga terdapat candi Buddha yang indah dan terkenal bernama Angkor Wat.  Angkor Wat berasal dari kata angkor (bahasa Sansekerta) yang berarti “negara” dan wat (bahasa Khmer) yang berarti “kuil”.

Dilansir dari National Geographic Indonesia, Angkor Wat merupakan kawasan ibadah berbentuk persegi dengan panjang 1500 meter dan lebar 1300 meter.

Angkor Wat dinobatkan sebagai World Heritage List pada tahun 1992. Bahkan Angkor Wat pernah menjadi kota besar yang dikunjungi oleh peziarah dari seluruh dunia.

2. Pagoda Panjang Buu, Vietnam

Masih berada di wilayah Asia Tenggara, di Vietnam ada sebuah bangunan berupa pagoda dengan dinding kuil berwarna putih dan menara emas.

Pagoda tersebut dikenal dengan nama Buu Long Pagoda atau Pagoda Panjang Buu, yang terletak di sebelah timur Kota Ho Chi Minh.

Pagoda merupakan menara bertingkat yang atapnya terdapat pada tiap tingkat, biasanya dibangun sebagai kuil atau tugu peringatan.

Pagoda yang dikenal juga dengan nama Thien Vien To Dinh Buu Long ini, dibangun pada tahun 1945. Buu Long Pagoda termasuk ke dalam jajaran 20 arsitektur pagoda Buddha terbaik di dunia.

3. Kuil Man Mo, Hong Kong

Kuil Buddha dan Tao Man Mo di Hongkong, dibangun pada tahun 1847 untuk menghormati dewa sastra (Man) dan dewa perang (Mo).

Ada tiga bangunan utama dengan fungsi yang berbeda di Kuil Man Mo. Pertama, di bagian sebelah kiri adalah tempat untuk berdoa dan sembahyang pada dewa Man dan dewa Mo. Kedua, di blok bagian tengah ada bangunan bernama Lit Shing Kung, dibangun khusus untuk semua dewa surgawi.

Sementara di bagian ketiga, yaitu Kung Sor adalah tempat yang digunakan khusus untuk masyarakat berkumpul dan menyelesaikan persoalan.

4. Wat Rong Khun, Thailand

Di Thailand, sebuah kuil serba putih bernama Wat Rong Khun, didirikan pada tahun 1997.  Kuil putih yang indah dan cantik ini dirancang dan didanai oleh pelukis asal Thailand, yaitu Chalermchai Kositpipat.

Warna putih yang terlihat mendominasi bangunan kuil ini ternyata berasal dari asbes. Putih melambangkan kemurnian Buddha. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.