Siswa SMAN 2 Selat Bakal Lakoni USBNBK dan UNBK Dengan Mengunakan HP

oleh
Kapuas – Siswa SMA Negeri 2 Kuala Kapuas harus melakoni dua tahapan yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer(USBNBK) dan Ujian Nasional Barbasis Komputer(UNBK).
 
Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kuala Kapuas mengatakan, USBNBK tidak sama dengan UNBK, maka siswa harus melakoni dua kegiatan ini, dimana pelaksanaan USBNK dimana siswa harus mengikuti ujian seluruh mata pelajaran kalau UNBK hanya mengikuti mata pelajaran umum dan pilihan saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (8/3/2019).
 
“Kalau USBNK siswa mengikuti 14 mata pelajaran yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019 ini sedangkan pada bulan April nanti UNBK hanya 3 mata pelajaran umum dan satu mata pelajaran yang dikehendaki siswa sendiri,”ungkapnya. 
 
Dia menjelaskan,pelaksaanaan USBNK berlangsung dari tanggal 15 hingga 22 Maret 2019 untuk seluruh mata pelajaran, sedangkan UNBK dari tanggal 1 hingga 8 April 2019 hanya 4 mata pelajaran satu mata pelajaran sesuai dengan keinginan siswa. Kalau jurus IPA ada mata pelajaran Kimia ,Fisika dan Biolagi, sedang mata pelajaran umum diantaranya Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 
 
” Kendala yang dihadapi saat ini untuk USBNK sehari dua mata pelajaran, dimana seluruh siswa harus membawa leptop atau memiliki HP android. Karena harus ujian diruang kelas, Tapi aplikasi untuk HP Android sudah disiapkan,”terangnya.
 
Dia mengakui, mekanisme pelaksaanaan nanti menggunakan 10 ruangan, dimana 3 ruangan laboaraterium multimedia sedangkan 7 ruang kelas leptop dan HP android. Kalau fasilitas komputer saat ini jumlahnya 80 unit. Sedangkan yang mengikuti ujian nanti 112 orang artinya 132 komouter yang harus di tambah .Maka itu sudah dilakukan pendataan bagi siswa yang memiliki leptop nanti mereka menggunakan leptop sendiri.
 
 “Kalau pelaksanaan UNBK tidak ada masalah,fasilitas lengkap saja walau pun nanti di laksanakan tiga tahapan, Jadi persoalan USBNK untuk perangkat komputernya,”tandasnya. (RP/02)