SMPIT Al Khair Umumkan Kelulusan Via Zoom, Ada Tiga Cara Pengumuman

oleh
Ilustrasi Gambar

Kalimantan Selatan, Borneo24.com  – Kelulusan Siswa Menengah Pertama di Hulu Sungai Tengah diumumkan pada Jumat (5/6/2020). Sebelum pandemi corona virus (Covid-19) pengumuman selalu dilakukan secara langsung termasuk pengukuhan dan pelepasan siswa. Namun, pada saat pandemi seperti sekarang, pengumuman kelulusan tak lagi secara langsung.

Pengumuman kelulusan dilaksanakan melalui daring. Termasuk pengumuman pada jenjang SMP kali ini. Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Badarudin mengatakan pengumuman kelulusan SMP di HST terbagi tiga cara. Yaitu pengumuman langsung dengan siswa via zoom, pengumuman via whatsapp, dan pengumuman langsung tatap muka.

Untuk wilayah sulit signal dan berada di pinggiran mengumumkan secara langsung, tidak ada alasan pemilihan pengumuman secara langsung dipilih. Selain terbatas signal seluler, wilayah pinggiran dan kawasan pegunungan di HST biasanya memiliki jumlah siswa yang jauh lebih sedikit. Dengan pertimbangan ini, menurut Badarudin pelaksanaan pengumuman langsung secara tatap muka dapat dilakukan.

Pelaksanaan pengumuman juga wajib mematuhi protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, pakai masker, dan wajib cuci tangan sebelum masuk ruangan. Sekolah yang melaksanakan pengumuman via zoom SMPIT Al Khair Barabai tidak hanya pengumuman kelulusan melainkan juga melaksanakan pengukuhan siswa via daring.

Kegiatan pengumuman dan pengukuhan via daring disaksikan oleh Kepala Sekolah SMPIT Al Khair, Ketua Yayasan Al Futuwwah, Direktur, Dinas Pendidikan, dan seluruh siswa kelas IX melalui aplikasi zoom.

Kepala SMPIT Al Khair Barabai, Henny Fitriyani, menjelaskan aplikasi zoom digunakan untuk pertemuan orangtua dan siswa. Sementara kelulusan diumumkan lewat aplikasi Candy SKL yang linknya disampaikan di grup whatsapp kelas dan grup orangtua. Diberitahukannya, aplikasi diakses dengan memasukkan nomor Ujian Sekolah Daring dan Passwordnya dan akan muncul amplop virtual yang apabila diklik akan muncul keterangan lulusnya. Disebarkannya, dari 60 siswa SMPIT Al Khair, semuanya lulus bahkan nilai rata-rata tertinggi mencapai 91,50.

Dikatakannya, pandemiCovid-19 membuat SMPIT Al Khair berinovasi untuk terus memberikan layanan pendidikan bagi siswa. Setelah sebelumnya Al Khaid melaksanakan KBM Daring terjadwal serta Ujian Sekolah Daring berbasis CBT Online . (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.