Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Orang Tua Wajib Tahu!

oleh
Gambar Ilustrasi

Jakarta,  Borneo24.com– Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak dengan prestasi yang membanggakan. Akan tetapi, prestasi yang diraih tidak bisa didapatkan begitu saja, ada peran penting dari orang tua dalam meraihnya. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anaknya bisa berprestasi. Berikut ini adalah beberapa upaya meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut.

6 Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

  1. Selalu Mendukung Anak dalam Belajar

Upaya pertama yang bisa dilakukan yaitu selalu mendukung anak dalam belajar. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan yaitu selalu memberikan motivasi. Perlu diketahui jika dukungan dari orang tua sangat dibutuhkan oleh anak untuk bisa menjadi siswa yang berprestasi di sekolah. Dukungan yang diberikan orang tua membuat anak merasa diperhatikan sehingga menjadi lebih giat belajar.

  1. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Bagi sebagian siswa, belajar merupakan aktivitas yang sangat membosankan sehingga menjadi malas untuk melakukan. Padahal ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan. Caranya cukup mudah yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Suasana belajar yang menyenangkan bisa membuat anak lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang sedang dipelajari. Jika sudah begini maka saat ujian tiba, soal-soal yang diberikan bisa dengan mudah dikerjakan dan nilainya pun sangat memuaskan.

  1. Membantu Mengembangkan Bakat Anak

Perlu orang tua ketahui bahwasanya setiap anak dilahirkan dengan bakat yang berbeda-beda sehingga tidak perlu membandingkan dengan anak lainnya. Daripada sibuk membanding-bandingkan sebaiknya orang tua membantu anaknya untuk mengembangkan bakat yang dimiliki.

Orang tua harus bisa melihat bakat apa yang dimiliki anaknya. Setelah itu, membantu anak untuk mengembangkan bakat tersebut. Jika orang tua membantu anak mengembangkan bakat yang sudah ada pada dirinya maka akan lebih mudah dalam meningkatkan prestasinya. Ini dikarenakan anak akan merasa senang melakukan apa yang disukainya, seperti bakat yang dimiliki.

  1. Memberikan Hadiah atas Prestasi Anaknya

Selanjutnya yaitu dengan memberikan hadiah atas prestasi yang diperoleh oleh anaknya. Prestasi sekecil apapun perlu untuk diapresiasi supaya anak lebih semangat lagi untuk berprestasi. Hadiah yang diberikan saat anak mendapatkan prestasi juga bisa membuat anak merasa dihargai atas semua hal yang sudah dicapainya. Contoh hadiah yang bisa diberikan seperti makanan kesukaannya, tas sekolah baru, sepatu baru dan hadiah lainnya.

  1. Menjadikan Anak Aktif

Guru atau tenaga pendidik sangat suka dengan siswa yang aktif di kelas. Maksud dari aktif disini adalah berani bertanya langsung kepada guru jika ada materi yang belum dipahami, berani mengutarakan pendapatnya saat proses belajar, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru dan sebagainya.

Jika Anda ingin memiliki anak yang aktif maka harus bisa mendidik anak dengan baik. Anak yang aktif tentu akan meningkatkan prestasi belajar. Ini dikarenakan berkat keaktifannya anak akan mendapatkan lebih banyak ilmu dan pengetahuan baru.

  1. Menyekolahkan Anak di Sekolah yang Tepat

Upaya meningkatkan prestasi belajar yang bisa dilakukan orang tua selanjutnya adalah menyekolahkan anak di sekolah yang tepat. Jika anak Anda akan melanjutkan pendidikan di SMA disarankan untuk memilih SMA swasta terbaik yaitu SMA Dwiwarna (Boarding School).

SMA ini dikatakan terbaik karena memiliki guru atau tenaga pendidik yang berkompeten dan berkualitas, menyediakan fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap, banyak prestasi yang sudah diraih dan lain sebagainya. Selain itu, SMA Dwiwarna (Boarding School) sudah terakreditasi A (98).

Itulah 6 upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yang bisa dilakukan orang tua. Jika Anda ingin memiliki anak yang berprestasi berarti harus berperan di dalamnya. Dengan cara dan upaya yang tepat, maka potensi anak untuk meraih prestasi bisa semakin terbuka lebar.  (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.