Gempa Guncang 2 Titik, Maluku dan NTB

oleh
ilustrasi gambar

Jakarta,Borneo24.com – Wilayah Ternate, Maluku Utara dan Sumba, Nusa Tenggara Barat tercatat oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diguncang gempa tektonik pada Kamis (16/4/2020).

Gempa di Ternate tercatat berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR) dan terjadi pada pukul 04.03 WIB. Sedangkan, gempa di Sumba tercatat berkekuatan 4,9 SR yang terjadi pukul 07.37 WITA.

Episenter gempa bumi Ternate berlokasi di laut pada jarak 85 km arah Barat Daya Ternate, Maluku Utara pada kedalaman 38 km. Berdasarkan analisis mekanisme, menunjukkan bahwa gempa Ternate dipicu aktivitas sesar mendatar.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menuturkan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Ternate, Pulau Mayu, dan Sofifi III-IV MMI, Galela dan Manado III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Sedangkan, untuk gempa Sumba episenter berlokasi di laut pada jarak 13 km Barat Laut Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa dan Lombok Timur II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hasil permodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ucap Taufik.  Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(***)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.