Gorontalo Terguncang Akibat Gempa Magnitudo 5,1

oleh
Gempa Magnitudo 5,1 Mengguncang Gorontalo

Jakarta, Borneo24.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Barat Daya Kota Gorontalo pada Sabtu (11/12). BMKG melaporkan tidak ada potensi gelombang tinggi atau tsunami.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 01.39 WIB itu, terletak sekitar 72 Kilometer (km) sebelah Barat Daya Kota Gorontalo. Pusat gempa berada pada kedalaman 141 kilometer di perairan Teluk Tomini (0,1 Lintang Selatan – 122,96 Bujur Timur).

Berdasarkan data BMKG gempa tersebut terasa hingga di wilayah Kotamobagu, Wakai dan Gorontalo dengan intensitas skala Mercalli (Modified Mercalli Intensity/MMI) antara II MMI hingga III MMI. Rinciannya, di Kotambagu dan Gorontalo gempa dirasakan dengan skala III atau dirasakan nyata, seakan ada kendaraan besar yang lewat mengutip Antara.

Adapun di Wakai, gempa dirasakan dengan skala II hingga III MMI atau getaran dirasakan oleh sebagian orang, namun mengakibatkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga kini belum diketahui kondisi terakhir wilayah terdampak gempa, termasuk ada atau tidaknya korban atas kejadian ini. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.