Ini Kronologi “Naturalist Guide” Diserang  Komodo Saat Menjalankan Tugas

oleh
Gambar Ilustrasi Hewan Komodo

Jakarta, Borneo24.com Seorang naturalist guide bernama Anton, yang bertugas di Resort Loh Buaya Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Balai Taman Nasional Komodo terluka akibat diserang komodo.

Naturalist guide merupakan warga lokal yang menjadi pemandu wisata di Taman Nasional Komodo.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang membenarkan kabar tersebut, dalam peristiwa itu terjadi pada hari selasa (28/9/2021).

Kronologi kejadian ini, Awang menjelaskan tentang kejadian nahas yang menimpa Anton.

Awalnya, Anton sedang mengamankan area kerja penataan sarana dan prasarana wisata alam Resort Loh Buaya.

Sekitar pukul 16.50 WITA, Anton yang bertugas untuk menghalau komodo agar tidak terlalu dekat dengan pekerja lain di Resort Loh Buaya tiba-tiba terjatuh.

“Seketika, biawak Komodo dewasa tersebut menyergap pangkal paha Anton dengan sangat cepat,” penjelasan dari Awang dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (6/10/2021) malam.

Anton pun berusaha melepaskan gigitan komodo itu. Akibatnya, naturalist guide itu menderita luka sayatan di bagian pangkal pahanya.

Para naturalist guide lain bersama jagawana Balai Taman Nasional Komodo juga berusaha menolong Anton.

Sekitar lima menit berjibaku, akhirnya gigitan komodo itu bisa dilepaskan. Anton pun mendapatkan pertolongan darurat pertama.

Tim yang berada di lapangan terus memantau kondisi luka Anton sambil menunggu kapal untuk membawa naturalist guide itu ke rumah sakit.

Sekitar pukul 17.30 WITA, kapal cepat milik Taman Nasional Komodo tiba di Resort Loh Buaya. Anton langsung dinaikkan ke kapal dan dibawa ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo.

Masih dirawat intensif Warga lokal itu tiba di rumah sakit sekitar pukul 18.30 Wita dan langsung mendapatkan perawatan intensif.

Sampai saat ini, Anton masih menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

“Balai Taman Nasional Komodo bersama dengan Koperasi Serba Usaha Taman Nasional Komodo hingga kini terus mengobservasi kondisi kesehatan Anton,” katanya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.