Menceburkan Diri Ke DAS Barito, David Rande Tenggelam

oleh

Barito Selatan – Akibat kapal yang ditumpanginya miring, David Rande Kondolele (26) nekat menceburkan dirinya sehingga terbawa arus dan tenggelam di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, Jumat (05/04/2019) Pukul 11.30 WIB.

Pemuda asal Toraja Utara Sulawesi Selatan ini tenggelam tepatnya di Desa Marawan Lama Kecamatan Dusun Utara Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimatan Tengah.

Kapolres menjelaskan, berawal Jumat pukul 10.00 WIB, kapal Brahma I ditumpangi korban dan dibantu Eka Moris menarik sebuah tongkang Terang 315 yang mengalami kandas di DAS Barito tepatnya di Desa Marawan Lama, ungkap Kapolres Barsel AKBP Wahid Kurniawan, S.I.K., Sabtu (06/04/2019).

Namun lanjut Kapolres, kedua kapal tersebut tidak mampu sehingga Kapal Eka Moris melepaskan talinya sementara Kapal Brahma masih terikat pada tongkang Terang 315.

“Tiba-tiba tongkang bergeser melintang sungai, sehingga kapal Brahma I ikut tertarik dan dalam posisi kapal miring hampir tenggelam, korban pada saat itu duduk disamping kapal langsung menceburkan dirinya ke sungai,” tuturnya.

Kapolres menambahkan, saat korban menceburkan dirinya ke sungai, 30 detik kemudian korban timbul dan melambaikan tangannya dengan maksud minta tolong.

“Kemudian crow kapal melemparkan pelampung ke arah korban, tapi korban tidak sempat meraih pelampungnya. Lalu korban hanyut terbawa derasnya arus sungai Barito dan tenggelam,” ucapnya.

Sampai berita ini ditayangkan, polisi dibantu warga masyarakat setempat masih melakukan pencarian. (RP/01)