Menikmati Sensasi Melihat Orangutan di Alam di TNTP

oleh

PANGKALAN BUN – Taman Nasional Tanjung Puting di Kabupaten Kotawaringin Barat menawarkan pengalaman berbeda dalam berwisata. Hal tersebut yang menjadikan destinasi yang satu ini menjadi pilihan banyak wisatawan lokal dan mancanegara.

Di taman nasional dengan luas 414.450 hektar dan berada di Kecamatan Kumai Kotawaringin Barat, dan Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan inilah, kita dapat melihat kehidupan orangutan langsung di alam. Memang banyak lokasi yang menawarkan hal serupa di Kalimantan Tengah, namun di Tanjung Putting-lah, destinasi yang sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Untuk ke Tanjung Putting, wisatawan pertama-tama harus ke Kota Pangkalan Bun, lalu kemudian berkendara sekitar 30 menit ke Kecamatan Kumai yang menjadi titik keberangkatan ke TNTP. Di Kumai ini tersedia kapal wisata, hingga jasa guide lokal.

Dari Kumai menuju lokasi pertama untuk melihat orangutan, ditempuh dengan perjalanan menyusuri Sungai Sekonyer dalam waktu sekitar 90 menit lebih. Dalam perjalanan, jika beruntung wisatawan bisa melihat satwa seperti buaya, bekantan, burung enggang, rusa, kancil, monyet, monyet merah ekor panjang.

Lokasi pertama yang akan disinggahi yaitu Camp Tanjung Harapan yang menjadi tempat feeding untuk orangutan semi liar. Wisatawan diperbolehkan untuk melihat orangutan makan dari jarak aman sekitar 20 meter.

Selain Camp Tanjung Harapan, ada beberapa camp lagi yang dapat dikunjungi seperti Camp Leakey. Masing-masing lokasi menawarkan sensasi berbeda bagi wisatawan.

Dalam perjalanan pulang yang biasanya senja, jika cuaca cerah wisatawan akan disuguhkan hamparan bintang yang sangat indah. Kemudian, di tepi-tepi sungai, akan terlihat pohon yang kerlap-kerlip oleh cahaya dari kunang-kunang.(RP)

Perahu wisata untuk mengantar wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting.