Pesawat Susi Air Dibakar Anggota KKB di Papua

oleh
Pesawat Susi Air dibakar KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di Papua. Pesawat PK-BVY yang mengangkut barang dari Kabupaten Mimika itu terbakar di salah satu lapangan terbang di Nduga, Papua Tengah.

Papua, Borneo24.com Pesawat Susi Air dibakar KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di Papua. Pesawat PK-BVY yang mengangkut barang dari Kabupaten Mimika itu terbakar di salah satu lapangan terbang di Nduga, Papua Tengah.

Diketahui, Pesawat Susi Air tersebut awalnya akan digunakan untuk mengevakuasi petugas puskesmas yang menjadi korban pengancaman. Namun pesawat itu justru dibakar oleh KKB.

Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar KKB di Nduga, Papua Tengah. Tepatnya, lokasi Pesawat Susi Air terbakar adalah di Lapangan Terbang Paro, Distrik Paro, Nduga, Papua Tengah. Pesawat tersebut mengangkut barang dari Kabupaten Mimika.

“Benar, ada pesawat terbakar di sana,” ungkap Direktur Reskrim Umum Polda Kombes Faizal Ramadhani, seperti dilansir dari detik Rabu (8/2/2023).

Informasi yang dihimpun, Pesawat Susi Air itu terbang dari Bandara Moses Kilangin, Kabupaten Mimika, menuju Lapangan Terbang Paro, Kabupaten Nduga, Selasa (7/2) sekitar pukul 05.33 WIT. Pesawat tersebut membawa barang dengan total 452 kilogram.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan bahwa Pesawat Susi Air yang dibakar KKB di Papua itu dipiloti oleh Captain Philips M berkebangsaan Selandia Baru. Pesawat itu diketahui membawa lima orang penumpang, termasuk seorang bayi.

Hingga saat ini polisi belum mengetahui pasti mengenai kondisi pilot bersama lima penumpang pesawat itu. Diketahui, lima orang penumpang dalam kapal tersebut adalah Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W.

“Belum diketahui nasib pilot beserta lima penumpang lainnya,” ungkap Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri dilansir Antara, Selasa (7/2).

Representatives Susi Air, Donal Fariz, mengungkapkan kronologi Pesawat Susi Air dibakar teroris KKB di Nduga Papua. Donal mengatakan pesawat terbakar pukul 06.35 WIT pagi tadi.

“Susi Air terus berupaya mencari keberadaan pilot dan penumpang lainnya karena hingga saat ini belum bisa dihubungi.Kami berharap otoritas berwenang bisa bergerak cepat untuk menemukan pilot dan penumpang,” ujar Donal melalui keterangannya, Selasa (7/2).

Berikut kronologi pesawat Susi Air terbakar:

Pukul 06.35 WIT

Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY di Bandara Paro lost contact sekitar pukul 06.17 WIT, pada saat melaksanakan penerbangan dengan rute Timika-Paro-Timika dengan membawa 5 penumpang dan barang bawaan dengan total muatan 452 kg.

Pukul 09.12 WIB

Dua jam kemudian Susi Air mendapati ELT pesawat dalam posisi aktif pukul 09.12 WIT. Perusahaan kemudian menjalankan kondisi emergency di internal perusahaan dengan mengirimkan pesawat lain mengecek posisi Pesawat dan kemudian ditemukan dalam kondisi terbakar di runway.

Dugaan Penyebab Pesawat Susi Air Dibakar KKB

Sementara itu, Representatives Susi Air, Donal Fariz memastikan Pesawat Susi Air yang dibakar KKB di Papua itu tidak mengalami gangguan teknis. Sebab, pesawat mendarat dan terparkir dengan aman.

“Dugaan sementara terbakarnya pesawat bukan karena gangguan teknis. Hal ini disebabkan karena pesawat mendarat dan parkir dengan Aman,” kata Donal.

Donal mengatakan pihak Susi Air sedang mencari tahu penyebab pasti terbakarnya pesawat dengan nomor penerbangan SI 9368 itu.

“Kami bersama otoritas terkait sedang mencari tau apakah ada sabotase dari kelompok tertentu untuk melakukan pembakaran,” tegasnya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dari Ops Damai Cartenz, personel Polres Nduga, dan rekan-rekan TNI akan melakukan investigasi terkait kondisi pilot beserta seluruh penumpang Pesawat Susi Air SI 9368.

“Tim juga akan mendalami terkait murni atau tidaknya kecelakaan yang menyebabkan terbakarnya pesawat Pilatus Porter Susi Air tersebut atau diduga dibakar oleh pihak-pihak tertentu. Tidak tertutup kemungkinan pesawat ditahan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Nduga pimpinan Egianus Kogoya dikarenakan wilayah itu masuk dalam markas mereka,” ucap dia.

Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air Disandera KKB

Pilot beserta penumpang dilaporkan hilang dan disandera setelah Pesawat Susi Air dibakar KKB di Bandara Paro, Nduga, Papua Tengah. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau KKB Papua pun mengakui hal tersebut.

“Kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma sudah membakar satu pesawat Jenis Susi Air nomor registrasi PK-BvY di lapangan terbang distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua,” tulis TPNPB.

No More Posts Available.

No more pages to load.