BPBD Kapuas Bentuk Posko Lapangan di Daerah Rawan Karhutla

oleh

KAPUAS – Menghadapi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah membangun posko lapangan.

“Posko lapangan yang kita dirikan untuk mengantisipasi karhutlah di Kecamatan Selat, Kapuas Murung, Mantangai dan Kapuas Timur” kata Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga usai gelar Apel Gabungan Karhutlah di Stadion lapangan bola Panunjung Tarung, Senin (11/3/2019).

Dia menjelaskan, posko lapangan yang didirikan 4 kecamatan ini membawahi beberapa kecamatan misalnya Posko lapang di Kecamatan Selat membawahi kecamatan Basarang, sedangkan Kapuas Murung membawahi Kecamatan Dadahup dan Pulau Petak. Untuk Kecamatan Kapuas Timur membawahi Kecamatan Kapuas Hilir, Bataguh, Tamban Catur dan Kapuas Kuala.

“Untuk Kecamatan Mantangai berdiri sendiri namun bisa membantu kecamatan Timpah dan sekitarnya” ungkapnya. 

Untuk daerah rawan Karhutlah, Kapuas Murung, Kapuas Timur, Basarang dan Mantangai. Sehingga posko lapangan didirikan. Saat ini belum dinaikan status darurat hanya digelar kesiapsiagaan personel gabungan Karhutlah yang terdiri dari Unsur TNI Polri, Manggala Agni, Balakar 545, Damkar Mandiri dan tim kesehatan PSC 919 serta Desa Tangguh Bencana. 

“Saat ini kondisi masih nihil, nanti akan kita tingkatkan darurat karhutlah dan kita sudah memiliki Desa Tangguh Bencana bisa mendukung Karhutlah” tandasnya. (RP/02)