Bupati HSS Menyerahkan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

oleh
Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, menyerahkan bantuan Alat mesin

Kandangan, Borneo24.com– Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 30 Kelompok Tani (Poktan) penerima bantuan Alsintan se Kabupaten HSS, di halaman Kantor Dinas Pertanian.

Ia mengatakan, agar alsintan ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya, dirawat dan dipelihara sehingga bisa bertahan lama. Meskipun jangka pendek pendapatan lebih tertarik ke holtikultura, apalagi sekarang menanam lombok.

“Jangan lupakan menanam padi, lahan yang ada, diatur sedemikian rupa, padi harus tetap ditanam, bagaimana pun kami ingin pendapatan petani tetap bagus,” katanya, dalam sambutan, Rabu (29/12).

Dijelaskan dia, untuk lahan-lahan yang ada irigasi pertaniannya, agar dimaksimalkan, kalau ada irigasi tanam sekali itu merugikan karena ada air mengalir, maka air mengalir digunakan kalau sampai bisa tanam dua kali atau tanam tiga kali.

Ia mengajak kepada masyarakat yang ada di daerah pegunungan agar jangan membuka lahan dengan membakar, karena membakar lahan itu pohonnya juga akan tumbang.

Fungsi pohon itu sebagai penyerap air, akhirnya akan mengakibatkan longsor. Sekecil apa pun api yang muncul di lahan-lahan gambut segera dipadamkan, agar jangan melebar ke mana-mana.

“Kami juga berharap agar para kelompok tani penerima Alsintan dapat menjadi duta vaksinasi, semua kelompok tani bisa divaksin, kami ingin semua masyarakat kita terlindungi dirinya dengan vaksin,” katanya.

Ia mengharapkan, para petani membantu pemerintah, minimal anggota kelompok tani sudah divaksin semua. Balai Penyuluh Pertanian(BPP) kecamatan, juga agar menolong agar dibantu para poktan ini.

“Ada masalah – masalah dikumpulkan persoalannya nanti kita diskusikan dan akan kita cari jalan keluarnya, mudah-mudahan petani kita di HSS bisa bekerja dengan baik dan bisa menghasilkan produk yang maksimal,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Dinas Pertanian HSS beserta jajaran, para penyuluh kecamatan, serta para poktan penerima bantuan alsintan tahun 2021. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.