Diprediksi Gagal, Nasib Travel Haji dan Umrah di Kalsel Tahun Ini

oleh
Ilustrasi Gambar.

Kalimantan Selatan, Borneo24.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kalsel Noor Fahmi seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin mengatakan, Menteri Agama mengumumkan tidak memberangkatkan haji tahun ini. Keputusan pemerintah tersebut sangat jelas bahwa poin utama yang paling mendasar dari keputusan itu adalah menyangkut keselamatan jiwa jamaah haji.

”Melalui keputusan tersebut sangat jelas bahwa kesehatan dan keselamatan jiwa jamaah lebih diutamakan mengingat pandemi Covid-19 masih melanda dunia,” ujar Noor Fahmi, dikutip dari Jawapos, Kamis (3/6).

Fahmi mengajak masyarakat khususnya para calon jamaah haji untuk menerima keputusan itu dengan sabar dan dapat memahami maksud dari pembatalan keberangkatan haji tersebut.

”Pemerintah menilai bahwa pandemi Covid-19 yang masih melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi, dapat mengancam keselamatan jamaah. Apalagi, jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia dan sebagian negara lain dalam sepekan terakhir masih belum menunjukkan penurunan yang signifikan,” kata Noor Fahmi.

Meski begitu, dia tetap menyayangkan kebijakan itu sebab untuk kedua kalinya jamaah haji Indonesia gagal berangkat.

”Kami hanya bisa bersabar dan menyampaikan ke jamaah haji kami berita ini,” tutur Isamail Ibrahim.

Menurut dia, calon jamaah haji plus yang siap berangkat melalui travelnya tahun ini sebanyak 37 orang.

”Yang saya sedih, satu calon jamaah haji meninggal dunia sebelum diberangkatkan,” terang Isamail Ibrahim.

Dia meminta, pemerintah harus melakukan pendekatan dengan Kerajaan Saudi Arabia terhadap kepastian warga Indonesia yang akan berangkat haji jauh-jauh hari.

”Mudah-mudahan tahun depan ada kepastian, kasihan jamaah sangat mengharapkan,” ujar Isamail Ibrahim. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.