Jembatan Putus Dampak Banjir Kalsel, Kini Berfungsi Kembali

oleh
PUPR perbaiki jembatan pabahanan yang putus (24/01/2021).

Banjarmasin, Borneo24.com – Sejak Sabtu kemarin Jembatan Tabanio 1 yang berada di jalur jalan nasional di Kelurahan Pabahanan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), telah berfungsi kembali.

Itu menyusul rampungnya perakitan, pemasangan, dan penyambungan jembatan bailey segmen 1 (arah Banjarmasin) dan 2 (arah Pelaihari).

Para pengendara roda dua maupun roda empat pun kini telah lancar melenggang di atas jembatan darurat berkonstruksi besi tersebut.

Kalangan warga pun sangat antusias menyusul telah berfungsinya jembatan bailey di Pabahanan itu.

“Alhamdulilah sudah lancar lagi keluar masuk ke Pelaihari. Terimakasih pak tentara, pemerintah pusat dan daerah yang sudah bekerja cepat,” ucap Ahwan, warga Pelaihari, Minggu (24/1/2021).

Ia juga mengaku lega karena jalan nasional di wilayah perbatasan Desa Gunungraja Kecamatan Tambangulang-Desa Benuaraya Kecamatan Batibati juga sudah bisa dilewati.

“Sudah makin surut banjirnya di perbatasan Gunungraja. Alhamdulilah, semoga cuaca terus membaik agar genangan benar-benar kering seperti semula,” tandasnya.

Sebelum jembatan bailey di Pabahanan dibuka secara resmi untuk dilintasi pengendara, Bupati Tala H Sukamta didampingi Dandim 1009/Pelaihari Letkol (Inf) Adi Yoga Susetyo meluangkan waktu meninjau jembatan besi rakitan itu, Sabtu kemarin.

Sukamta mengatakan pemerintahannya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam pengerjaan jembatan bailey segmen 1 dan 2 tersebut.

“Terima kasih kepada Kasad, Pangdam VI Mulawarman, Danrem 101/Antasari dan jajaran TNI AD, khususnya Denzipur 8/GM yang bekerja secara cepat, akurat, dan tepat sehingga jembatan ini bisa difungsikan kembali,” ucapnya.

Kembali berfungsinya jembatan Tabanio 1 di Pabahanan tersebut dinyatakannya memegang peranan penting terhadap distribusi barang dan jasa di Tala. Ia yakin perekonomian di Tala bakal segera normal kembali.

Jembatan bailey dipajang membentang di atas dua sisi oprit Jembatan Tabanio 1 di Pabahanan yang runtuh saat banjir besar, Kamis petang pekan lalu. Segmen 1 dan 2 dirakit menyatu.

Material jembatan bailey segmen 1 milik Denzipur 8/GM dan dikerjakan penuh oleh personel denzipur.

Sedangkan material jembatan bailey segmen 2 milik Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin.
Pengerjaannya oleh pihak balai besar, dibantu belasan personel denzipur. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.