Kemenkumham Kalsel Tingkatkan Sekolah Sadar Hukum

oleh
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan Terus Meningkatkan Sekolah Sadar Hukum.

Kalimantan Selatan, Borneo24.comKantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan terus meningkatkan sekolah sadar hukum dengan harapan edukasi hukum bisa lebih dimaksimalkan pada tingkat sekolah sejak dini.

Sebanyak 41 perintis sekolah sadar hukum di Kalsel mulai tingkat SMP dan SMA sederajat hingga pondok pesantren telah menerima penghargaan Kemenkumham karena dinilai berperan penting memberikan pendidikan dan edukasi sejak dini tentang hukum.

“Kami ingin para pelajar mulai sekolah dasar sampai menengah bahkan para mahasiswa di perguruan tinggi memiliki tingkat kesadaran hukum yang baik,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Lilik Sujandi di Banjarmasin, Kamis.

Kedepan pihaknya mendorong bisa lebih banyak lagi sekolah sadar hukum yang terbentuk dengan komitmen secara masif mengedukasi peserta didik melalui sosialisasi dan kegiatan positif lainnya.

Lilik menyebut salah satu yang menjadi atensinya adalah pengembangan program rintisan sekolah sadar hukum. 

Adapun dua sasarannya yakni mencari sekolah-sekolah baru yang akan menjadi rintisan sekolah sadar hukum dan meningkatkan status sekolah rintisan yang sudah ada untuk ke tahap selanjutnya.

“Kami sendiri mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi melalui penyuluhan hukum dalam menyukseskan Kalsel Bergerak, sebuah motto dari program yang diusung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk membangun masyarakat Kalsel yang berkualitas dan berdaya saing,” ujarnya.

Diharapkan tingkat kesadaran hukum yang baik sejak dini maka diharapkan secara tidak langsung mampu mengurangi tingkat tindak kriminalitas dan pelanggaran hukum di Kalimantan Selatan. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.