Mahasiswa Fakultas Pertanian ULM ini Punya Banyak Kesibukan Positif

oleh
Ilustrasi gambar

Kalimantan Selatan, Borneo24.com- Perkebunan warga Desa Karya Maju, Kecamatan Marabahan, dikunjungi beberapa Mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Proteksi Tanaman, jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian (Faperta), ULM Banjarbaru. Melakukan penelitian mengenai penyakit tanaman yang ada di lahan perkebunan warga. Khususnya tanaman tomat dan cabai.

Nazwan, mahasiswa yang melakukan penelitian menemukan beberapa hama yang menyerang tanaman cabai dan tomat.

Nazwan mengatakan, “Kita menemukan beberapa penyakit, antraknosa atau yang disebabkan cendawan atau jamur dan  bercak daun.”

Dalam survey awal ini, Nazwan dan kawan-kawan juga didampingi dosen pembimbing, Mariana, ketua jurusan proteksi Tanaman, Eli Lestiani dan disambut langsung oleh kepala Dinas Pertananian Tanaman Pangan dan Holtikultura  (Kadistan TPH) Baritokuala, Murniati yang lang langsung turun ke lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penyakit tanaman yabg ada pada cabai dan tomat.

Pihaknya akan melakukan pengkajian dan akan coba  menerapkan tehnik apa yang cocok untuk menanggulangi hama maupun virus tanaman yang ditemukan.

“Di kampus kita memang memiliki rumah kaca dan laboratorium. Namun belum melakukan penerapannya di lahan masyarakat secara langsung,” ujarnya.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.