Menteri Agama Resmikan Program Kampung Zakat di Tanah Bumbu

oleh
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini meresmikan Kampung Zakat di Desa Suka Maju, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kalimantan Selatan, Borneo24.com Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Kholil Qaumas meresmikan program kampung zakat di Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Program kampung merupakan kerjasama Kemenag dengan Lazis Assalam dan Baznas dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengentaskan kemiskinan.

“Program kampung zakat mampu memberikan inspirasi bagi semua pihak untuk menunaikan kewajiban dalam berzakat,” kata Yaqut Kholil Qaumas dalam keterangan yang diterima Kamis (19/1/2022).

Menurutnya, kampung zakat dapat menjadi sebuah inisiatif sebagai upaya ikhtiar untuk pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh masyarakat sendiri.

“Ikhtiar yang dilakukan masyarakat untuk mendirikan kampung zakat seperti ini merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan di Indonesia,” katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah melalui Kementerian Agama selalu mendorong agar kampung-kampung zakat seperti di Tanah Bumbu ini bisa juga berkembang didaerah lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu H Muh. Rusli dalam sambutannya menyampaikan atas nama pribadi, masyarakat, dan pemerintah daerah mengucapkan selamat datang di Bumi Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu kepada Menteri Agama RI bersama rombongan.

“Semoga kunjungan ini memberikan kesan positif sehingga dapat berlanjut pada masa-masa yang akan datang,” kata Rusli.

Terkait program ini kampung zakat yang akan dilakukan oleh Menteri Agama di Desa Suka Maju, Wabup mengatakan sangat mendukung program tersebut guna mengembangkan kesejahteraan masyarakat yang meliputi berbagai aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, keagamaan, melalui pemberdayaan zakat.

“Saya imbau masyarakat untuk melakukan pembayaran zakat ditempat pengumpulan zakat yang resmi, karena dengan membayar zakat ditempat yang resmi maka penyaluran zakat akan berjalan lancar dan tepat sasaran,” sebutnya.

Selain launching Kampung Zakat, acara juga dirangkai dengan penyaluran zakat Lazis Assalam Fil Alamin berupa penyaluran zakat beasiswa pendidikan sarjana (S-1) Bidan Desa, penyaluran zakat beasiswa pendidikan keluar negeri Hadramaut Yaman.

Penyaluran zakat bedah rumah, penyaluran zakat anak asuh stunting Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, penyaluran Kampung Zakat Desa Suka Maju Kabupaten Tanah Bumbu.

“Penyaluran Kampung Zakat Desa Gunung Ulin Kabupaten Kotabaru, penyaluran zakat Kampung Zakat Desa Telaga Bidadari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan lainnya,” pungkasnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.