Petani Desa Bumi Asih Mampu Produksi Gabah 950 Ton Per Tahun

oleh
oleh
Petani padi di Desa Bumi Asih Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, mampu memproduksi 950 ton gabah kering giling per tahun dengan luas lahan 95 hektare.

Kalimantan Selatan, Borneo24.com Petani padi di Desa Bumi Asih Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, mampu memproduksi gabah kering giling mencapai 950 ton per tahun dengan luas lahan 95 hektare.

“Jumlah produksi tersebut, kami perkirakan mampu memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat Kecamatan¬†Kelumpang Selatan Bahkan Kabupaten Kotabaru, sehingga mereka tidak ketergantungan beras dari daerah lain,”¬†kata Ketua Kelompok Tani di Desa Bumi Asih Kecamatan Kelumpang Selatan Suli Sarwono, Jumat (24/3/2023).

Suli menyebutkan rata-rata lahan per hektare mampu menghasilkan padi sekitar lima ton dengan sistem tanam “rice intensification” (SRI) dan teknik budidaya jajar legowo (Jarwo) super.

Suli mengatakan petani menanam bibit padi varietas inprida inpari 32, nutrizinc, sriratu, ciherang, hibrida varietas supadi 56, mapan 05, intani 602.

Dari jumlah produksi tersebut, Kelompok Tani Desa Bumi Asih mampu memenuhi kebutuhan beras di Kecamatan Kelumpang Selatan, bahkan mendistribusikan hingga keluar Kabupaten Kotabaru untuk memenuhi kebutuhan pasar daerah.

“Sementara ini beras yang sudah kami edarkan ke pasar adalah merek Mapan 05 dengan kemasan lima kg dan merk rice kemasan sepuluh kilogram,” ujar Suli.

Sementara itu, salah satu petani asal Desa Bumi Asih Umy Sholicah menambahkan kualitas produk beras yang diproduksi siap bersaing dengan produk beras asal daerah lain.

“Bahkan kami baru saja memenuhi pesanan konsumen asal Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu dan Kota Banjarmasin,” ungkap Umy.

Artinya dari meningkatnya permintaan pasar atau konsumen, kualitas beras yang diproduksi siap bersaing dengan daerah lain.

Umy menuturkan beras yang diproduksi lebih putih, pulen dan harum saat dimasak, bahkan kualitas beras tersebut dijamin tanpa ada bahan tambahan.

No More Posts Available.

No more pages to load.