UPT PPBP Martapura Jadikan Mikroskop untuk Desain Perhiasan

oleh
ilustrasi gambar

Kalimantan Selatan, Borneo24.com – Mendengar alat mikroskop, biasanya yang paling sering dikaitkan adalah mikroba. Namun di Unit Pelaksana Teknis  (UPT) Workshop Pengembangan dan Pembinaan Batu Mulia dan Batu Permata (PPBP) di Jalan P Abdurrahman, Kelurahan Keraton, kota matapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, alat mikroskop digunakan untuk proses mikrosetting.

Mikrosetting adalah proses membentuk dan mengukir hasil olahan perak menjadi cincin atau perhiasan lain. Dengan mikroskop, peserta pelatihan akan belajar membuat lubang untuk diletakkan batu sebagai hiasan di cincin atau gelang.

Dengan alat bor khusus, peserta pelatihan di UPT PPBP  akan mengukir Perhiasan dengan dibantu mikroskop Melalui mikroskop, mereka juga akan lebih mudah saat memasang batu di badan Perhiasan.

“Ini tahapan akhir dari proses membuat Perhiasan di sini,” ujar operator batu permata, Selasa (20/10/2020). Tahapan ini juga menjadi tahapan yang sulit sehingga peserta harus berulang kali berlatih. “Ini harus konsentrasi dan terus belajar agar hasilnya lebih rapi,” ujarnya.

Biasanya peserta pelatihan saat belajar mikrosetting harus mengulang hingga empat atau lima kali pertemuan bahkan lebih demi hasil pelatihan yang lebih baik. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.