Air Terjun yang Terbentuk karena Ulah Manusia

oleh
Ilustrasi Gambar

Jawa Barat, Borneo24.com- Di Kota Bekasi, Jawa Barat, Curug Parigi kerap dikunjungi warga Bekasi maupun luar, sehingga sah disebut sebagai destinasi wisata lokal. Lokasi obyek wisata itu berada di Jalan Pangkalan 5, Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang.

Tak jauh dari Jalan Raya Narongong, yang memanjang dari Kota Bekasi sampai Cileungsi di Kabupaten Bogor.

Pemandangan di Curug Parigi sangat indah, dengan bentuk air terjun yang menyerupai Air Terjun Niagara, yang berada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. 

Curug Parigi itu berada di aliran Sungai Cileungsi, yang berhulu di kawasan perbukitan di wilayah Bogor, mata airnya ada beberapa yang membentuk sungai-sungai kecil.

Sungai-sungai kecil itu kemudian menjadi satu di wilayah Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, dan mengalir ke hilir melewati Kecamatan Cileungsi, dari situlah ia mendapat nama Sungai Cileungsi.

Curug Parigi terlihat seperti Air Terjun Niagara Mini. Masyarakat setempat mengatakan Curug Parigi sudah ada sejak lama. Namun ternyata air terjun kecil itu bukan sepenuhnya terbentuk secara alamiah.

Bentuk Curug Parigi yang seperti Niagara itu tercipta dari aktivitas penambangan batu di masa lampau.

Hal itu diungkapkan Nain (65), seorang warga setempat, ketika berbincang dengan Warta Kota.

“Ya memang curug alam, tapi bukan sepenuhnya karena itu juga. Ada aktivitas tambang batu, diambilin batunya jadi bentuk bekasnya begitu,” ujar Nain.

Nama Parigi juga berasal dari nama kampung di kawasan tersebut. Sementara kata curug berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti air terjun.

“Parigi mah nama kampung, jadi dinamain Curug Parigi,” tutur Nain.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.