Kalbar Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Hujan Lebat dan Angin Kencang, Pekan Ini

oleh
Ilustrasi Gambar.

Kalimantan Barat, Borneo24.com – Kalimantan Barat (Kalbar) berpotensi mengalami cuaca ekstrem awal pekan ini berupa hujan lebat dan angin kencang. Peringatan dini itu disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Sumatera bagian selatan, di Laut Natuna dan di Jawa bagian barat. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang konvergensi dan konfluensi tersebut,” tulis BMKG dari laman resminya dikutip Senin (21/6/2021).

Melalui laman resminya, BMKG menjelaskan kondisi tersebut bisa terjadi karena ada pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau memanjang dari pesisir barat Aceh hingga Selat Malaka, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di NTT bagian Timur, dari Selat Makassar bagian selatan hingga Kalimantan Selatan, di Kalimantan Utara, di Sulawesi Tengah, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Sebanyak 28 provinsi yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem terdiri atas 23 wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang serta empat wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Dan satu wilayah berpotensi angin kencang.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yaitu:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Kepulauan Riau
  5. Bengkulu
  6. Jambi
  7. Sumatera Selatan
  8. Lampung
  9. Jawa Barat
  10. Jawa Tengah
  11. Jawa Timur
  12. Bali
  13. Kalimantan Barat
  14. Kalimantan Tengah
  15. Kalimantan Utara
  16. Kalimantan Timur
  17. Kalimantan Selatan
  18. Sulawesi Utara
  19. Gorontalo
  20. Sulawesi Tengah
  21. Sulawesi Tenggara
  22. Papua Barat

No More Posts Available.

No more pages to load.