Ini 4 Fitur Utama EOS RP yang Bisa Kamu Andalkan

Ada 7 fitur dan manfaat yang akan dijelaskan dibawah ini tentang fitur EOS RP, sebagai pertimbangan sebelum kamu memilikinya

Dec 21, 2023 - 08:58
 0  177
Ini 4 Fitur Utama EOS RP yang Bisa Kamu Andalkan
Contoh Gambar Camera Canon Eos R

kotawaringin Barat,Borne24- Merek kamera Canon selalu menggambarkan teknologi canggihdan terkini serta spesfikasi yang mencengangkan. 

Hadir denga kamera mirroless full-frame yang terjangkau oleh pengguna biasa dan juga bagi fotografer.

Ada 7 fitur dan manfaat yang akan dijelaskan dibawah ini tentang fitur EOS RP, sebagai pertimbangan sebelum kamu memilikinya.

1.       Spot AF

Spot AF membuat fokus otomatis pada bidikan yang mungil secara tepat, kamu pasti akan menyukai bingkai AF yang lebih kecil pada spot AF.

Nah pada EOS R ini kamu akan mendapatkan hasil yang tepat tanpa harus mengubah metode AF kamu ke 1 point AF, lalu mengubah ukuran bingkai AF dari ‘Standard ke Small.

Namun, pada EOS RP, kamu hanya perlu satu langkah mudah seperti pilih ‘spot AF’ untuk metode AF.

Jika akan membidik banyak subjek, misalnya mangkuk hidangan yang tumpang tindih, maka spot yang harus kamu fokuskan bisa membuat bidikan yang terlihat beda.

Manfaat spot AF memberikan kamu kendali yang lebih tepat pada hasil akhirnya.

2.       4.779 Posisi Bingkai AF

EOS RP memiliki hingga 4.779 pilihan posisi bingkai aF pada bidang yang menempati hingga 88% x 100% (horizontal x vertikal) sensor gambar walaupun jumlahnya agak kecil daripada 5.655 posisi AF pada EOS R.

Tapi, masih cukup pada dan lebar dalam penggunaan AF secara cepat dan akurat di bidang yang besar.

Sehingga kamu dapat menempatkan subjek hampir di mana saja dalam bingkai gambar, dan memastikan terdapat bingkai AF di sekitar untuk menetapkan fokus yang tajam pada subjek.

Memiliki cakupan bingkai AF yang luas dan padat pada EOS RP, maka akan sangat mudah untuk menghasilkan fokus, meskipun komposisi kamu melibatkan bintik mungil subjek yang ditempatkan di pinggiran gambar.

3.       Eye Detection AF Selama Servo AF

Secara otomatis mendeteksi mata subjek yang merupakan fitur berharga untuk dimiliki. Khususnya apabila membidik pada aperture besar dengan depth-of-field dangkal.

Sebagai tambahan untuk One-Shot AF mode pada EOS RP yang kini tersedia dalam mode Servo AF dan Movie Servo SF untuk menangani subjek bergerak.

Sehingga hal ini membuat lebih mudah untuk menangkap potret wajah dan merekam cuplikan video mengenai subjek yang bergerak sehingga mata mereka tetap tajam dan fokus.

Namun secara default, kamera akan memfokuskan pada mata yang terdejat ke kamera, jika kedua mata berjarak sama, maka kamera memfokuskan pada yang lebih dekat ke bagian tengah bingkai gambar.

Jika tidak ingin menggunakan ini, kamu bisa lakukan secara manual, caranya mudah hanya dengan mengggunakan layar sentuh atau tombol silang untuk memilih mata yang lainnya.

Ada juga mode Servo aD yang menyediakan peningkatan AF untuk subjek bergerak. Kamera mendeteksi dan menjaga fokus mata, meskipun subjek bergerak.

4.       Pemotretan Beruntun 5 fps Selama Menggunakan One Shot AF

EOS RP sudah dilengkapi dengan sensor full-frame 26,2 megapiksel dan mampu melakukan pemotretan beruntun hingga 5 frames per secobds (fps) dalam mode One-Shot AF dan 4 fps dalam mode Servo AF.

Mode ini menjadikan cukup untuk menangkap urutan bidikan saat model memutarkan kepalanya dan menebarkan senyuman pada kamu. Kapasitas buffer EOS RP 50 bidikan.

Artinya, kamu dapat mengambil hingga 50 bidikan burst dalam format RAW pada kecepatan pemotretan beruntun maksimum sebelum buffer kamera menjadi penuh dan kecepatan pemotretan melambat (*).