(Hoaks) Vidio yang Mengklaim ada Buah Salak Berisi Narkoba didatangkan dari Tiongkok

Apr 18, 2024 - 19:49
 0  242
(Hoaks) Vidio yang Mengklaim  ada Buah Salak Berisi Narkoba didatangkan dari Tiongkok

Hoaks Video yang Mengklaim Ada Salak Berisi Narkoba yang Didatangkan dari Tiongkok

Kotawaringin Barat,Borneo24-Para kreator hoaks memang selalu bisa memanfaatkan apapun agar publik resah. Satu di antaranya terlihat ketika beredar di media sosial, unggahan video yang mengklaim adanya buah salak berisi narkoba.

Hebohnya lagi, buah salak berisi barang haram tersebut datang ke Indonesia melalui fasilitas impor dari Tiongkok. Postingan tersebut beredar di sebuah akun Facebook.

Unggahan tersebut berisi video beberapa petugas sedang mengupas buah salak dan ternyata berisi ratusan pil. Narasi video tersebut adalah : "Luar biasa cara org mengedarkan narkoba ini lagi bentuknya seperti salak mari qt share agar semua tahu dan berhati-hati"

Video itu juga disertai narasi "Narkoba impor dalam bentuk salak. Buah salak dari Cina". Lalu, benarkah informasi yang ada dalam unggahan video tersebut?

Cek Fakta

Penelusuran awal menggunakan sistem potongan-potongan foto yang digunakan untuk mencari via Google Image. Hasilnya, ada video yang identik dengan unggahan klaim di video awal. 

Nah, video hasil penelurusan itu diunggah akun Official INews di Youtube pada 1 Oktober 2020. Video itu berjudul "Petugas Lapas di Jombang Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Buah Salak". Dalam video disebutkan penyelundupan narkoba pil koplo dalam buah salak dilakukan oleh seorang istri dari tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Jombang, Jawa Timur.

Sebuah media nasional juga pernah menulisnya dengan judul "Istri Selundupkan 1.000 Butir Obat Terlarang Pakai Salak untuk Suami di Lapas Jombang" yang tayang 25 Agustus 2020. Ini bukti URL-nya : https://www.liputan6.com/surabaya/read/4338701/istri-selundupkan-1000-butir-obat-terlarang-pakai-salak-untuk-suami-di-lapas-jombang?page=2

Kesimpulan

Unggahan video di media sosial yang mengklaim adanya buah salak berisi narkoba dari Tiongkok adalah tidak benar.