Baru Resmi Jadi Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Hantam Hoaks Fhoto Palsu Dengan Presiden Cina

Mar 30, 2024 - 19:57
 0  168
Baru Resmi Jadi Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Hantam Hoaks Fhoto Palsu Dengan Presiden Cina
Fhoto Prabowo Subianto Hasil Editan dengan Presiden Cina adalah Hoaks

Kotawaringin Barat,Borneo24-Prabowo Subianto baru saja mendapatkan pengesahan dari KPU sebagai presiden terpilih Republik Indonesia. Namun, ada beberapa informasi menyesatkan alias hoaks yang pernah melingkupi perjalanannya sepanjang tahun ini.

Satu di antaranya adalah unggahan yang beredar di media sosial terkait foto Prabowo Subianto bersama pemimpin Korut, Kim Jong Un dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping. 

Sebuah akun Facebook mengunggah foto tersebut beberapa waktu lalu. Pada unggahan tersebut, terlihat Kim Jong Un, Xi Jinping dan Prabowo. Foto itu disertai narasi: "Xi Jong Un, Xi Jin Ping, Xi Jo Ngos"

Lalu benarkah unggahan foto tersebut?

Cek Fakta

Proses awal penelusuran menggunakan sarana pembuktian terbalik dengan Google Images, lalu dicek lagi dengan Bing Images dan Yandex Images. Hasilnya, muncul beberapa foto yang identik dengan gaya dari orang-orang yang ada dalam foto.

Satu di antaranya ada di sebuah media nasional. Foto tersebut menjadi penguat sebuah artikel yang berjudul : "FOTO: Momen Pertemuan Kim Jong-un dan Xi Jinping di China" pada 28 Maret 2018. Bukti URL-nya : https://www.liputan6.com/photo/read/3411398/foto-momen-pertemuan-kim-jong-un-dan-xi-jinping-di-china?page=1

Kesamaan terdapat pada pakaian yang dikenakan serta latar belakang bendera. Namun dalam foto asli tidak terdapat foto Prabowo seperti dalam postingan. Dalam foto asli, keduanya berfoto bersama istri masing-masing yakni istri Kim Jong Un, Ri Sol-ju dan istri Xi Jinping, Peng Liyuan. 

Kesimpulan

Postingan foto Prabowo Subianto bersama pemimpin Korut, Kim Jong Un dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping adalah tidak benar. Faktanya postingan foto tersebut merupakan hasil editan.