Hoaks,Bank Indonesia Akan Keluarkan Bergambar Sri Mulyani

Mar 3, 2024 - 01:10
 0  178
Hoaks,Bank Indonesia Akan Keluarkan Bergambar Sri Mulyani
Gambar Hoaks Fhoto Srimulayani di Uang Kertas

Kotawaringin Barat,Borneo24- Awas, banyak kreasi para pembuat hoaks yang bisa membuat gaduh masyarakat. Satu di antaranya adalah ketika beredar di media sosial unggahan yang mengklaim Bank Indonesia (BI) siap mengeluarkan uang kertas terbaru dengan gambar Sri Mulyani. 

Unggahan itu ada di sebuah akun Facebook. Dalam postingannya itu, terdapat gambar uang kertas, dengan satu di antaranya terlihat bergambar Sri Mulyani dengan narasi sebagai berikut: "Uang kertas emisi terbaru udah bisa dipakai saat lebaran,"

Lalu, bagaimana yang sebenarnya?

Hasil Penelusuran

Langkah pertama adalah melakukan penelusuran dengan membuka akun resmi medis sosial Bank Indonesia di Twitter @bank_indonesia, yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat bantahan terkait postingan tersebut.

Bantahan itu diunggah dalam cuitan pada 17 Maret 2024. Berikut isinya:

"Pertama, video terkait redenominasi yang beredar tersebut, dipastikan bukan bersumber dari Bank Indonesia. Kedua, visual uang yang ditampilkan dalam video tersebut dapat dipastikan bukan uang Rupiah resmi yang diedarkan oleh Bank Indonesia.

Ketiga, implementasi redenominasi masih perlu melihat momentum yang tepat dan belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Keempat, beberapa hal perlu dipertimbangkan yaitu kondisi makroekonomi yang bagus, kondisi moneter & sistem keuangan yang stabil, dan kondisi sosial politik yg kondusif,"

Selain itu bantahan juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim dalam artikel Kompas.com berjudul "Viral, Video Uang Kertas Emisi Terbaru Disebut Bisa Digunakan Saat Lebaran 2024, BI: Hoaks!" yang diunggah 18 Maret 2024. URL-nya :

 https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/18/200000965/viral-video-uang-kertas-emisi-terbaru-disebut-bisa-digunakan-saat-lebaran

Kesimpulan 

Postingan yang mengklaim Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang kertas terbaru dengan gambar Sri Mulyani adalah hoaks.