Awas Jangan Tertipu!! Muncul Raffi Ahmad Bagi Bagi Uang Dengan Aplikasi

Mar 25, 2024 - 20:02
 0  176
Awas Jangan Tertipu!! Muncul Raffi Ahmad Bagi Bagi Uang Dengan Aplikasi

Kotawaringin Barat,Borneo24-Tokoh-tokoh ternama Indonesia rentan menjadi sarana orang tak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan. Satu di antara yang berulangkali digunakan adalah Raffi Ahmad.

Artis papan atas sekaligus pengusaha ternama ini sudah 'malang-melintang' sebagai korban dari pencatutan nama. Bos RANS Entertainment ini selalu menjadi magnet bagi siapapun, sehingga mudah digunakan sebagai alat penipuan bagi orang yang berniat jahat.

Satu di antaranya sudah beredar beberapa waktu lalu di media sosial. Unggahan itu berisi Raffi Ahmad membagikan uang Rp30 juta untuk melunasi utang dengan mendaftar melalui Whatsapp. 

Pada unggahan tersebut, terdapat video Raffi Ahmad dan Nagita dengan narasi sebagai berikut: "Buat yang belum pernah Raffi bantu lunasi hutang-piutang 30 jt Raffi siap kirim sekarang. Jawab jujur: 1. Sudah, 2. Belum."

Akun itu menambahkan narasi: "Hanya follow aja ya"

Lalu benarkah postingan Raffi Ahmad membagikan uang Rp 30 juta untuk melunasi utang dengan mendaftar melalui Whatsapp?

Cek Fakta

Tim bergetak menelusuri fakta yang sebenarnya dengan cara mengetik beberapa keyword di lama pencarian Google. Selain itu, tim juga berselancar ke akun resmi beberapa media sosial milik Raffi Ahmad, baik itu Facebook sampai Instagram.

Penelusuran menemukan bahwa akun resmi Raffi Ahmad di Facebook adalah @RaffiAhmadLagi. Akun ini sudah bercentang biru atau terverifikasi. Sementara itu, akun dalam postingan bernama @Boss Raffi&Nagita, merupakan akun palsu.

Dalam akun Facebook asli Raffi Ahmad tidak ditemukan adanya program membagikan uang seperti dalam postingan. Selain itu dalam unggahan terdapat link yang menghubungkan ke nomor Whatsapp tertentu untuk pengambilan hadiah. 

Hal ini merupakan indikasi penipuan yang bisa mengarahkan masyarakat untuk membagikan identitas pribadi atau terhubung dengan pinjaman online ilegal.

Kesimpulan

Postingan Raffi Ahmad membagikan uang Rp30 juta untuk melunasi utang dengan mendaftar melalui Whatsapp adalah hoaks.