Waspada, Hoaks Unggahan dan Link tentang Penyelenggaraan Hadiah oleh Bank Aceh

Waspadai modus penipuannya ya! Kita harus jaga data-data pribadi kita sendiri, jangan click link yang tidak resmi, apalagi samapai isi data pribadi.Ingat Bank Aceh tidak pernah meminta data pribadi seperti username, password, PIN dan OTP.

Mar 1, 2024 - 22:49
 0  78
Waspada, Hoaks Unggahan dan Link tentang Penyelenggaraan Hadiah oleh Bank Aceh

Kotawaringin Barat,Borneo24-Kecanggihan teknologi membuat informasi bisa cepat menyebar. Sisi negatifnya, sebagian besar yang mendapat informasi justru langsung bereaksi dengan ikut serta, tanpa cek terlebih dahulu.

Satu di antara yang sempat meresahkan adalah beredar di media sosial postingan Bank Aceh membuka link pendaftaran gebyar undian berhadiah di Facebook.

Salah satu akun bernama BPD Bank Aceh mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 Agustus 2023.

"Info berhadiahKhusus Nasabah (Bank-Aceh) yang sudah aktif (Action) ayo buruan daftar agar kamu berkesempatan menjadi pemenang Gebyar-Undian (Akhir-Tahun): Paket Umbroh GratisMobilMotorEmas MurniLemari EsSmartphoneTVSepeda gunungRice cooker Masih banyak ke untungan lainnya..Info lebih lanjut tentang pendaftaran (Gebyar-Undian) silakan klik menu (Daftar) yang kami sediakan. Untuk pendaftaran gratis...'

Cek Fakta

Tim melakukan penelusuran menelusuri dengan membuka website resmi Bank Aceh, yakni bankaceh.co.id. Di sana tidak terdapat pengumuman seperti dalam postingan. Bank Aceh justru meminta masyarakat untuk mewaspadai akun palsu yang mencatut nama bank tersebut.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam Nasabah Setia Bank Aceh dimana pun berada. Waspada terhadap penipuan yang mengatasnamanakan Bank Aceh ya!!!! Sudah banyak sekali akun sosial media yang mengatasnamakan Bank Aceh. Waspadai modus penipuannya ya! Kita harus jaga data-data pribadi kita sendiri, jangan click link yang tidak resmi, apalagi samapai isi data pribadi.Ingat Bank Aceh tidak pernah meminta data pribadi seperti username, password, PIN dan OTP.

Selalu kenali Contact Center dan Channel Resmi Bank Aceh dan tetap wasapada ya Nasabah Setia Bank Aceh."

dapun beberapa akun resmi media sosial Bank Aceh adalah :

Instagram: @bankacehofficial,Twitter: @bankacehsyariah,Tiktok: @bankaceh_official,Youtube: Bank Aceh Official

Selain itu masyarakat juga diimbau untuk melapor ke contact center Bank Aceh, di nomor 1500845.

Di sisi lain, dalam postingan yang beredar terdapat arahan untuk menekan link yang ditautkan. Ternyata link itu mengarah ke website yang bukan alamat resmi Bank Aceh.

Website itu meminta pengunjung memasukkan data pribadi hingga pin ATM. Tentu saja, hal ini merupakan indikasi penipuan dan berpotensi mencuri data pribadi jika diisi.

Sumber: https://www.bankaceh.co.id/?p=5643#more-5643


Kesimpulan:Postingan Bank Aceh membuka link pendaftaran gebyar undian berhadiah di Facebook adalah hoaks.