HOAKS) Tidak Benar Dalam Video Ini Pasangan AMIN Mengirim Ucapan Selamat untuk Prabowo Subianto-Gibran Jadi Presiden dan Wapres

Satu di antara video yang beredar adalah Anies Baswedan-Cak Imin mengucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wapres Indonesia. Hasil penelusuran awal, informasi tersebut diunggah satu akun Facebook, pada 2 Maret 2024.

Mar 2, 2024 - 23:42
 0  212
HOAKS) Tidak Benar Dalam Video Ini Pasangan AMIN Mengirim Ucapan Selamat untuk Prabowo Subianto-Gibran Jadi Presiden dan Wapres

Kotawaringin Barat,Borneo24-Musim pemilihan presiden dan wakil presiden RI edisi 2024 sudah selesai. Hasil keputusan sidang Mahkamah Konstitusi membuat Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal diumumkan KPU sebagai pasangan sah presiden dan wapres.

Namun, sebelum momen itu, masih ada beberapa kabar beredar di dunia maya, terutama di platform perpesanan seperti WhatsApp, yang mengaitkan efek dari pilpres 2024.

Satu di antara video yang beredar adalah Anies Baswedan-Cak Imin mengucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wapres Indonesia. Hasil penelusuran awal, informasi tersebut diunggah satu akun Facebook, pada 2 Maret 2024.

Unggahan itu menampilkan pasangan AMIN sedang diwawancarai awak media. Dalam wawancara tersebut Anies berbicara dengan transkrip sebagai berikut.

"Selamat buat Pak Prabowo mudah-mudahan akan bisa menjaga kehormatan, karena ini adalah kehormatan dari angkatan bersenjata."

Cak Imin pun mengeluarkan pernyataan, dengan transkrip sebagai berikut. "Selamat semoga menjadi pengabdian"

Dalam video tersebut terdapat tulisan ; "Anies & Imin ucapkan selamat sukses Prabowo Gibran presiden wakil presiden Indonesia 2024-2029"

Lalu, bagaimana sebenarnya status unggahan tersebut?

Cek Fakta

Tim menelusuri klaim video AMIN ucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wapres Indonesia, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Anies Cak Imin ucapkan selamat untuk Prabowo'.

Penelusuran mengarah pada video berjudul "Anies Ucapkan Selamat ke Prabowo atas Pangkat Jenderal Kehormatan" yang diunggah akun YouTube resmi Kompas.com, pada 1 Maret 2024.

Tampilan Anies dan Cak Imin dalam video tersebut identik seperti yang ada pada klaim, video tersebut diberi keterangan sebagai berikut. "Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapatkan pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Joko Widodo dan TNI. Anies berharap semoga Prabowo bisa menjaga kehormatan yang diberikan oleh Jokowi dan TNI."

"Selamat buat Pak Prabowo, mudah-mudahan bisa menjaga kehormatan karena ini adalah kehormatan dari angkatan bersenjata," kata Anies di Jakarta Utara, Jumat (1/3/2024).

Selain itu, calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga mengucapkan selamat kepada Prabowo. Cak Imin berharap semoga pangkat Jenderal Kehormatan yang diberikan bisa menjadi pengabdian bagi Prabowo.

Penelusuran dilanjutkan dengan menjadikan perkataan Anies dalam klaim video 'Selamat buat Pak Prabowo mudah-mudahan akan bisa menjaga kehormatan' sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Search.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Anies Beri Selamat Jenderal Prabowo: Semoga Bisa Jaga Kehormatan" yang dimuat situs cnnindonesia.com, pada 1 Maret 2024. Artikel itu menyebutkan, pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memberikan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai mendapatkan pangkat jenderal kehormatan bintang empat."Selamat, semoga jadi pengabdian," kata Cak Imin di sebuah restoran di kawasan Sunter, Jumat (1/3).

Anies juga berharap semoga Prabowo tetap bisa menjaga kehormatannya usai mendapatkan pangkat tersebut. "Selamat buat Pak Prabowo. Dan mudah-mudahan bisa menjaga kehormatan, apalagi ini kehormatan dari angkatan bersenjata," kata Anies.

KESIMPULAN Hasil penelusuran klaim video Anies Baswedan-Cak Imin ucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wapres Indonesia, tidak benar. Ucapan Anies Baswedan-Cak Imin untuk Prabowo dalam video tersebut terkait pemberian pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Joko Widodo dan TNI.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=CiDRyS3wIUM

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240301145923-617-1069305/anies-beri-selamat-jenderal-prabowo-semoga-bisa-jaga-kehormatan