Muncul Uang Kertas Terbaru Setara Satu Juta,Hati Hati Itu Hoaks

Mar 4, 2024 - 00:24
 0  176
Muncul Uang Kertas Terbaru Setara Satu Juta,Hati Hati Itu Hoaks
Fhoto Uang Kertas Nominal Satu adalah Hoaks

Kotawaringin Barat,Borneo24-Sepekan terakhir, beredar video, terutama unggahan di Facebook, yang menampilkan lembaran uang. Barang itu diklaim uang baru dari Bank Indonesia dengan tulisan nominal 1.0 dengan warna gradasi putih, merah, hijau dan kuning.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “Uang keluaran terbaru 2024 di Indonesia. Pecahan yang katanya 1 lembaranya setara 1 juta rupiah”

Namun, benarkah kalim tersebut?

Hasil Penelusuran

Unggahan yang menarasikan BI mengeluarkan uang terbaru 1.0 setara satu juta rupiah adalah hoaks. Faktanya, BI menyatakan uang tersebut merupakan spesimen, bukan resmi. 

Bank Indonesia mengeluarkan keterangan melalui media sosial. Video lembaran uang dengan nominal 1.0 merupakan House Note dari Perum Peruri. House Note merupakan uang specimen atau uang contoh yang diterbitkan oleh banknote printer atau perusahaan pencetak uang, dalam hal ini adalah Perum Peruri.

Tujuan diterbitkannya untuk mempromosikan kemampuannya dalam mencetak uang menggunakan teknologi keamanan tertentu. Uang contoh tersebut tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah karena tidak memiliki ciri-ciri uang Rupiah, seperti yang tertuang didalam Undang-Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2021.

Hingga saat ini, Bank Indonesia belum menerbitkan uang rupiah terbaru. Terakhir, Bank Indonesia menerbitkan tujuh pecahan uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 pada 18 Agustus 2022.

Kesimpulan

Video yang berisi klaim Bank Indonesia mengeluarkan uang Rupiah senilai 1 juta rupiah adalah hoaks. Sudah dipastikan, apa yang beredar adalah bentuk spesimen.